Hadapi Tantangan, ASN Kementerian dan Lembaga Harus Perkuat Kolaborasi

Senin, 16 Oktober 2023 - 10:12 WIB
Motivator nasional itu juga mengapresiasi Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso yang berkesempatan hadir membuka acara. Menurut Ary, Susiwijono sudah memiliki 5A (Super Agility) terbukti mampu hadapi segala tantangan dan rintangan tentu dengan berkolaborasi dengan timnya.

"Pak Susiwijono itu change agility yakni mampu beradaptasi dengan perubahan apa pun, lalu mentalnya kuat atau mental agility yakni mampu bertahan dalam kondisi apa pun, people agility yakni mampu bekerja sama dengan siapa pun, learning agility yakni mampu memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat, dan result agility yakni mampu tetap berprestasi dalam kondisi apa pun," terangnya.

Diketahui, budaya kerja Berakhlak telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 27 Juli 2021. Kemudian diatur dalam Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2021. Lalu baru-baru ini Berakhlak telah disahkan menjadi Undang-Undang (UU) ASN oleh DPR.

Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso bersyukur dengan adanya kolaborasi, pihaknya bisa menangani berbagai tantangan dan diharapkan dapat terinternalisasi dan memunculkan rasa bangga melayani bangsa dari para ASN dengan baik.

"Kami butuh bantuan Pak Ary Ginanjar dan tim untuk memotivasi kita semua, dan beliau juga mempunyai potret budaya kerja dan perilaku referensi Berakhlak dari K/L lain juga, sehingga bisa kita jadikan referensi untuk mendorong kembali budaya kerja Berakhlak di lingkungan Kemenko Perekonomian ini," ujar Susiwijono.

Ia menegaskan, kegiatan ini merupakan kesempatan sangat baik untuk menerapkan Core Values ASN Berakhlak yang akan menjadi pedoman bersama dalam berperilaku, berinteraksi, dan bekerja di Kemenko Perekonomian.

"Nilai-nilai dasar kita sebenarnya sudah teruji di berbagai situasi sulit selama ini, namun perlu ditingkatkan lagi dari sisi pendokumentasian hasil pekerjaan. Selain itu, nilai-nilai yang sudah ada dalam diri kita sebagai ASN harus semakin didorong agar mampu berkinerja lebih baik lagi," tutupnya.
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More