Isi dan Makna Pembukaan UUD 1945 Alinea Keempat

Senin, 07 Agustus 2023 - 10:56 WIB
Pembukaan UUD 1945 terdiri dari empat alinea yang menjadi dasar langkah bangsa Indonesia tumbuh sebagai negara yang kuat. Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Pembukaan UUD 1945 mengandung cita-cita luhur bangsa Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berpedoman teguh pada Pancasila sebagai dasar negara.

Perlu diketahui bahwa pembukaan UUD 1945 terdiri dari empat alinea yang menjadi dasar langkah bangsa Indonesia tumbuh sebagai negara yang kuat. Hal ini menjadi penting untuk diketahui warga negara Indonesia.



Berikut isi dan makna pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

Isi Pembukaan UUD 1945 Alinea Keempat

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.





Makna Pembukaan UUD 1945 Alinea Keempat

Alinea keempat pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 memuat beberapa prinsip negara Indonesia, sebagai berikut:

- Tujuan negara yang akan diwujudkan oleh pemerintah negara

Tujuan negara meliputi rencana untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More