Lika-Liku Ganjar Pranowo Menuju Pilpres 2024: Sempat Diasingkan dan Ditegur PDIP

Jum'at, 14 Juli 2023 - 05:16 WIB
Sebelum diumumkan sebagai calon presiden oleh Megawati Soekarnoputri, Ganjar dilirik partai lain. Misalnya Partai Nasdem melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta Convention Center, Juni 2022 menetapkan tiga bakal capres 2024, Ganjar, Anies Baswedan, dan Andika Perkasa.

Namun, kini Nasdem telah mendeklarasikan Anies sebagai bakal capres dan tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

6. Ditegur PDIP gara-gara siap nyapres



Foto: Dok PDIP

Ganjar pernah menerima sanksi teguran dari partainya, PDIP karena pernyataannya yang siap menjadi bakal capres 2024. Sanksi tersebut dijatuhkan setelah Ganjar memberikan klarifikasi di Kantor DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/10/2022).

"DPP PDIP memutuskan menjatuhkan sanksi ke pak Ganjar Pranowo teguran," ujar Komarudin Watubun pasca memintai Ganjar Klarifikasi.

Dia mengatakan sebenarnya pernyataan Ganjar tersebut tidak melanggar aturan partai. Namun, pernyataannya multitafsir. "Meskipun pernyataan itu tak melanggar tapi menimbulkan multitafsir," ucapnya.

Adapun pernyataan Ganjar itu dilontarkannya saat diwawancarai salah satu stasiun televisi swasta pada Selasa (18/9/2022). Dalam wawancara itu, Ganjar disinggung ihwal namanya yang menjadi salah satu capres potensial berdasarkan hasil survei.

Ganjar mengatakan, sebagai kader PDIP, dia tentunya harus menghormati apa yang menjadi keputusan partai. Namun, di sisi lain, ada juga realitas sosial yang tidak boleh diabaikan.

"Maka kalau bicara dalam kondisi dua realitas yang ada itu, maka sebenarnya kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," kata Ganjar, Selasa (18/10/2022).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More