Karier Militer dan Politik Moeldoko, Panglima TNI yang Jadi Kepala Staf Kepresidenan Indonesia

Kamis, 22 Juni 2023 - 16:46 WIB
Nama Jenderal Moeldoko pastinya sudah tidak asing di telinga masyarakat. Foto DOK ist
JAKARTA - Nama Jenderal Moeldoko pastinya sudah tidak asing di telinga masyarakat. Selain memiliki segudang prestasi, Moeldoko juga kerap menduduki jabatan strategis baik itu di militer maupun politik .

Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko yang lahir pada 8 Juli 1957 kini tengah menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sejak penunjukannya pada 17 Januari 2018 lalu pada Kabinet Kerja. Jabatan itu kembali dipercayakan padanya setelah Joko Widodo terpilih kembali menjadi Presiden Indonesia untuk menjalani periode keduanya.

Ditunjuk sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sebanyak dua kali memperlihatkan bahwa Jenderal Moeldoko bukanlah orang sembarangan. Karena itu, menarik untuk mengetahui riwayat karier militer dan politiknya.



Karier Militer Jenderal Moeldoko

Prestasi pria asal Kediri, Jawa Timur ini telah ditunjukkan saat berhasil menjadi lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1981 dan meraih penghargaan Adhi Makayasa.



Setelah lulus, putra bungsu dari 12 bersaudara ini langsung ditugaskan untuk menjadi Komandan Peleton Yonif Linud 700/BS Kodam XIV/Hasanuddin. Berikut riwayat jabatan Jenderal Moeldoko setelahnya:

Letnan Dua sampai Kapten

- Danki A Yonif Linud 700/BS Kodam XIV/Hasanuddin (1983)

- Kasi Operasi Yonif Linud 700/BS Kodam VII/Wirabuana

Mayor

- Perwira Operasi Kodim 1408/BS Ujungpandang
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More