3 KSAD dengan Jabatan Terlama, Ada yang Menjabat Hampir 10 Tahun

Senin, 19 Juni 2023 - 05:04 WIB
Sebelum menjabat sebagai KSAD, pria yang lahir di 10 Oktober 1924 ini juga pernah menjabat sebagai Panglima Kodam V/Djayakarta pertama, Panglima Kostrad kedua dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat keempat.

Usai pensiun dari dunia militer pada tahun 1973, Umar diangkat menjadi Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Jabatan sebagai Ketua BPK berakhir lantaran ia ditunjuk menjadi Wakil Presiden Soeharto berdasarkan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

3. Jenderal TNI Edi Sudradjat



Jenderal TNI (Purn.) Edi Sudradjat merupakan mantan perwira tinggi TNI. ia juga tercatat sebagai jenderal yang pernah menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat dalam waktu yang cukup lama, dimulai pada 1988 hingga 1993.

Lulusan terbaik Akademi Militer Nasional angkatan pertama ini tercatat pernah menduduki beberapa posisi penting selain KSAD. Diantaranya seperti Pangkostrad, Panglima Kodam II/Bukit Barisan dan Pangdam Kodam VI/Siliwangi.

Dalam riwayat kariernya, pria kelahiran 22 April 1938 ini juga pernah merangkap tiga jabatan penting dalam waktu yang sama. Jabatan tersebut yakni Kepala Staf TNI-AD (KSAD), Panglima ABRI dan Menteri Pertahanan dan Keamanan Indonesia.
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More