8 Peraih Adhi Makayasa Akmil 90-an yang Telah Pecah Bintang, 2 di Antaranya Sandang Letnan Jenderal

Jum'at, 28 April 2023 - 15:03 WIB
Terdapat cukup banyak peraih Adhi Makayasa Akmil 90-an yang telah pecah bintang. Salah satunya Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat cukup banyak peraih Adhi Makayasa Akmil 90-an yang telah pecah bintang. Beberapa di antaranya bahkan telah mencapai pangkat Letnan Jenderal alias bintang 3.

Pada pengertiannya, Adhi Makayasa merupakan sebuah penghargaan tahunan untuk lulusan terbaik dari akademi TNI maupun Polri. Dari sekian banyak penerimanya, sejumlah di antaranya telah berhasil pecah bintang, termasuk para lulusan Akmil tahun 1990-an.



Berikut delapan peraih Adhi Makayasa Akmil 1990-an yang Sudah Pecah Bintang.

Daftar Penerima Adhi Makayasa Akmil 90-an yang Telah Pecah Bintang

1. Letjen TNI I Nyoman Cantiasa - Akmil 1990

Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa adalah perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat (AD). Saat ini, dia tercatat tengah menduduki jabatan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.



Mengutip keterangan dari laman Kopassus, Cantiasa lahir di Buleleng, Bali pada 26 Juni 1967. Dia diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1990 dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Tak sekadar lulus, Cantiasa juga menjadi lulusan terbaik dan meraih penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama. Pada kariernya, serdadu asal Buleleng ini terbilang memiliki riwayat yang moncer.

Sejumlah jabatan penting yang pernah diduduki di antaranya adalah Kasdam XVII/Cenderawasih (2017), Pa Sahli Tk. III Bidang Polkamnas Panglima TNI (2018), Danjen Kopassus (2019), Pangdam XVIII/Kasuari (2020), hingga Pangkogabwilhan III yang masih aktif dijabatnya sekarang.

2. Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso - Akmil 1991

Teguh Pudjo Rumekso lahir di Medan, Sumatera Utara pada 20 April 1968. Saat ini, dia tengah menjabat sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Polhukam (Sesmenko Polhukam).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More