Peraih Adhi Makayasa Akmil 90-an yang Sukses Mencapai Pangkat Jenderal Bintang Tiga

Jum'at, 10 Februari 2023 - 11:35 WIB
loading...
Peraih Adhi Makayasa Akmil 90-an yang Sukses Mencapai Pangkat Jenderal Bintang Tiga
Terdapat beberapa peraih Adhi Makayasa Akmil 90-an yang berhasil mencapai pangkat jenderal bintang 3. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa peraih Adhi Makayasa Akmil 90-an yang berhasil mencapai pangkat jenderal bintang 3. Salah satunya adalah mantan Danjen Kopassus .

Adhi Makayasa merupakan sebuah penghargaan tahunan untuk lulusan terbaik dari akademi TNI maupun Polri. Penerima predikat ini ditujukan pada anggota yang berhasil menunjukan prestasi terbaik pada aspek seperti akademis, jasmani, dan kepribadian (mental).

Dari sekian banyak penerima Adhi Makayasa setiap tahunnya, beberapa di antaranya telah berhasil mencapai pangkat bintang 3, termasuk lulusan Akmil tahun 1990-an.

Baca juga : Mutasi TNI, Peraih Adhi Makayasa 1993 Jadi Kas Koarmada

Berikut dua peraih Adhi Makayasa Akmil 90-an yang sukses mencapai pangkat jenderal bintang 3.

1. Letjen TNI I Nyoman Cantiasa - Akmil 1990

Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat (AD). Saat ini, dia tercatat tengah menduduki jabatan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Mengutip keterangan dari laman Kopassus, Cantiasa lahir di Buleleng, Bali pada 26 Juni 1967. Dalam riwayatnya, dia diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1990 dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Tak sekadar lulus, dia juga menjadi lulusan terbaik dan menyabet penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama. Beralih ke kariernya, serdadu asal Buleleng ini terbilang memiliki riwayat moncer.

Setelah berjibaku cukup lama di Korps Baret Merah, kariernya melejit dengan dengan sejumlah posisi penting yang pernah disandangnya. Sebut saja seperti Danrem 173/Praja Vira Braja (2017), Kasdam XVII/Cenderawasih (2017), hingga Pa Sahli Tk. III Bidang Polkamnas Panglima TNI (2018).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)