Pilpres 2004 Diikuti 5 Pasang Capres-Cawapres, Pemenangnya Duet Militer-Sipil

Selasa, 28 Maret 2023 - 17:24 WIB
Jusuf Kalla (JK) dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Duet SBY-JK menjadi pemenang Pilpres 2004. Foto/Dok SINDO
JAKARTA - Pilpres 2004 diikuti 5 pasang capres-cawapres akan diulas dalam artikel ini. Pemenang pilpres tersebut adalah duet berlatar militer-sipil yakni Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY )-Jusuf Kalla ( JK ).

Pilpres 2004 merupakan pemilihan presiden (pilpres) pertama yang digelar secara langsung alias dipilih oleh rakyat. Pada Pilpres 2004, ada lima pasangan yang bertarung.

Awalnya ada enam pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang mendaftar. Dikutip dari laman KPU, pasangan KH Abdurrahman Wahid dan Marwah Daud Ibrahim yang dicalonkan oleh Partai Kebangkitan Bangsa tidak lolos karena berdasarkan tes kesehatan Abdurrahman Wahid dinilai tidak memenuhi kesehatan.



Dengan demikian, ada lima pasangan yang lolos dan bertarung di Pilpres 2004. Pertama, Wiranto-Salahuddin Wahid. Pasangan ini diusulkan dan didukung Partai Golkar, PDK, Partai Patriot, dan PPNU.



Pasangan kedua Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi yang diusulkan dan didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Damai Sejahtera.

Selanjutnya, pasangan ketiga M Amien Rais -Siswono Yudo Husodo yang diusulkan dan didukung Partai Amanat Nasional, PKS, PBR, PNBK, PNI Marhaenisme, PPDI, Partai Sarikat, dan Partai Buruh.

Pasangan keempat SBY-JK yang diusulkan dan didukung Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, dan PKPI. Kemudian pasangan kelima Hamzah Haz-Agum Gumelar yang diusung Partai Persatuan Pembangunan.

Dari 10 tokoh yang tampil di Pilpres 2004 tersebut, tiga di antaranya merupakan tokoh belakang militer yakni Wiranto, SBY, dan Agum Gumelar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More