Deretan Jenderal TNI Ini Pernah Mendapat Gelar Profesor, Nomor 3 Berjuluk Master of Intelligence

Jum'at, 24 Maret 2023 - 14:59 WIB
Sejumlah Jenderal TNI diketahui memiliki gelar profesor. Salah satunya Jenderal TNI (HOR) (Purn) A.M. Hendropriyono. Foto DOK Tangkapan Layar
JAKARTA - Sejumlah Jenderal TNI diketahui memiliki gelar profesor . Salah satunya bahkan memiliki julukan Master of Intelligence.

Pada perkembangannya, cukup banyak perwira tinggi TNI yang menempuh pendidikan tinggi. Selain itu, beberapa di antaranya juga pernah mendapat gelar profesor. Siapa sajakah mereka?



Jenderal TNI yang Memiliki Gelar Profesor

Berikut beberapa Jenderal TNI yang pernah mendapat gelar profesor.

1. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono

Jenderal TNI (HOR) (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono merupakan Presiden Indonesia yang keenam. Dia menjabat selama dua periode, masing-masing 2004-2009 dan 2009-2014.



Pada riwayat pendidikan militernya, SBY masuk ke AKABRI dan lulus tahun 1973. Dia mengakhiri masa pendidikannya sebagai lulusan terbaik dan menyandang penghargaan Adhi Makayasa.

Dalam perjalanan kariernya, SBY juga pernah mendapatkan gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan). Dia dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Ketahanan Nasional pada Juni 2014.



2. Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto

Berikutnya ada nama Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto. Selain pernah menjadi Menteri Kesehatan RI, dia tercatat juga pernah menempati posisi penting lainnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More