Sebulan Guru Honor di Kulonprogo Hanya Digaji Rp300 Ribu

Selasa, 20 Oktober 2015 - 16:26 WIB
Sebulan Guru Honor di Kulonprogo Hanya Digaji Rp300 Ribu
Sebulan Guru Honor di Kulonprogo Hanya Digaji Rp300 Ribu
A A A
KULONPROGO - Para Guru Tidak Tetap (GTT) yang berada di Kulonprogo hanya mendapatkan honor antara Rp250 ribu sampai dengan Rp300 ribu per bulan.

Honor ini sangat ironis dengan yang diperoleh para guru PNS. Apalagi tidak sedikit para guru PNS mendapatkan tunjangan sertifikasi.

Ketua Dewan Pendidikan Kulonprogo Sardal mengatakan honor bagi GTT ini dialokasikan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Dalam regulasi yang ada, maksimal 15 persen yang bisa dipakai untuk mendanai honor para GTT. Sehingga ketika di suatu sekolah hanya mendapatkan dana Rp100 juta, dan ada 4 orang GTT maka mereka hanya akan mendapatkan dibawah Rp300 ribu per bulan.

Bahkan di beberapa sekolah honor ini justru lebih kecil, karena alokasi BOS minim dan jumlah GTT juga lebih banyak.

"Harapan kita honor GTT masuk dalam materi Perda ini agar nasib mereka lebih baik," jelas Sardal.

Dengan masuknya honor GTT kedalam perda kata Sardal, diharapkan honor yang diterima para guru ini lebih baik. Tentu saja dalam pemberiannya disesuaikan dengan jasa pengabdian dan kapasitas mengajar.

"Bila diatur dalam Perda, maka Pemkab akan memiliki payung hukum yang jelas untuk menganggarkan honor GTT dalam APBD," ujarnya.

Pemerhati pendidikan Kasdiyono, mengatakan alokasi anggaran pendidikan di Kulonprogo memang sudah mencapai 20 persen.

Hanya saja dalam alokasi tersebut juga masuk gaji guru. Hal ini semestinya direvisi. Pos belanja gaji PNS guru, semetinya tidak masuk dalam jumlah tersebut.

"Pos gaji harus dikeluarkan dari anggaran pendidikan. Kalau masih sama, tidak akan berpengaruh signifikan," jelasnya.

Perda yang disusun, kata dia, harus jelas mengatur peruntukan anggaran pendidikan di luar gaji. Beberapa program pembangunan pendidikan juga harus, terinci. Sehingga akan Nampak berapa dana yang benar-benar terserap untuk kegiatan pendidikan.

"Kalau jumlah itu termasuk gaji guru, berarti anggaran pendidikan di Kulonprogo masih kecil," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9099 seconds (0.1#10.140)