Survei SMRC: Prabowo Paling Dikenal, Ganjar Paling Disukai

Selasa, 21 Maret 2023 - 15:48 WIB
Efek likeability terlihat ketika menganalisa data pada kelompok pemilih yang tahu ketiga tokoh. Pada kelompok pemilih yang mengenal semua calon yang bersaing, Ganjar menjadi semakin unggul. Jika yang bersaing ada 3 nama, yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies, maka pada kelompok pemilih yang tahu ketiga calon tersebut, Ganjar unggul dengan dukungan 45,2%, disusul Anies 26,2%, dan Prabowo 22,3%.

"Walaupun Prabowo sementara sedikit di atas Anies tapi pada hari H setelah semua calon sama-sama dikenal peluang Anies lebih baik dari Prabowo," kata Deni.

Untuk diketahui, survei dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 2-11 Maret 2023. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1.220 responden. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.061 atau 87%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More