Survei SMRC: Prabowo Paling Dikenal, Ganjar Paling Disukai

Selasa, 21 Maret 2023 - 15:48 WIB
Hasil survei terbaru SMRC menunjukan Prabowo Subianto paling dikenal publik dan Ganjar Pranowo paling disukai. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Popularitas atau tingkat pengenalan publik terhadap Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto paling tinggi di antara tokoh-tokoh lain. Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling disukai.

Hal ini terpotret dari hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Maret 2023. Hasil survei SMRC bertajuk Trend Dukungan Calon Presiden dipresentasikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dan yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV, Selasa (21/3/2023).

"Prabowo sudah dikenal 95% warga, (mantan Gubernur DKI Jakarta) Anies Baswedan 86%, Ganjar 78%, (Ketua DPR) Puan Maharani 67%, dan (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto 40%," kata Deni dalam pemaparannya.

Baca juga: Survei SMRC: Ganjar Terus Menguat, Prabowo dan Anies Bersaing Ketat

Menurutnya, awareness Prabowo sudah maksimal atau hampir semua pemilih mengenalnya. Sementara itu, dalam 3 bulan terakhir awareness Anies cenderung stagnan di angka 86%, adapun Ganjar perlahan naik dari 75% menjadi 78%.



Dalam survei kali ini ada temuan penting, yakni tingkat penerimaan atau likeability calon. Dari yang mengenal, Ganjar paling banyak disukai, yakni 90%, disusul Prabowo 81%, Anies 72%, Airlangga 73%, dan Puan Maharani 45%.

"Ganjar cenderung semakin disukai, naik dari 87% menjadi 90%. Sementara kedisukaan Prabowo sedikit membaik, dari 77% menjadi 81% pada periode yang sama. Kedisukaan pada Anies menurun dari 78% menjadi 72%," kata Deni.

Ia menjelaskan, tingkat kedisukaan atau likeability yang tinggi pada Ganjar menjadi faktor penjelas mengapa dukungan publik kepada Gubernur Jawa Tengah ini lebih unggul dibanding tokoh-tokoh lain.

Baca juga: Prabowo-Ganjar Unggul Simulasi Pilpres 2024, Kalahkah 3 Pasangan Lain
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More