BPPT Siap Produksi 10 Mobile Lab, Mampu Periksa 300 Spesimen Per Hari

Rabu, 15 Juli 2020 - 15:12 WIB
Kepala BPPT, Hammam Riza mengatakan, saat ini pihaknya siap memproduksi 10 Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL 2). FOTO/DOK.BPPT
JAKARTA - Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) , Hammam Riza mengatakan, saat ini pihaknya siap memproduksi 10 Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL 2). Dengan kapasitas pengujian untuk mendeteksi COVID-19 sebanyak 300 spesimen per hari.

Hammam mengatakan, pembangunan Mobile Lab BSL 2 ini melibatkan berbagai stakeholder, terutama BPPT bersama dengan Task Force Riset dan Inovasi Teknologi COVID-19 itu di bawah konsorsium riset inovasi COVID-19.

"Maret yang lalu saat merebaknya COVID-19 ya, BPPT bersama dengan Task Force Riset dan Inovasi Teknologi COVID-19 itu di bawah konsorsium riset inovasi COVID-19 itu mengajak seluruh stakeholder, kita sebut pemangku kepentingan, dalam kita menghasilkan inovasi produk yang dapat diproduksi oleh industri dalam negeri," kata Hammam di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Rabu (15/7/2020).( )

Mobile Lab BSL 2 ini, kata Hammam, juga sebagai upaya untuk membantu fasilitas kesehatan dalam rangka memeriksa spesimen untuk menemukan kasus COVID-19. "Kita melengkapi Fasilitas Kesehatan, khususnya dengan Laboratorium Bio Safety Level 2 sebagai alat kesehatan yang diperlukan untuk memeriksa sampel swab test tersebut ya. Tentu saja pada saat-saat awal COVID-19 itu sangat kurang ya laboratorium ini," katanya.

Saat ini, kata Hammam, telah diproduksi sebanyak 3 Mobile Lab BSL 2. Dan siap diproduksi lagi sebanyak 10 Mobile Lab BSL 2 untuk disebarkan oleh Gugus Tugas ke seluruh Nusantara dalam rangka mencari kasus positif COVID-19.



"Kita membangun yang namanya Mobile Laboratory BSL 2 dalam sebuah kontainer. Saat ini sedang dalam produksi 3. Kita siap memproduksi lagi ada 10 yang kita harapkan nanti dari Gugus Tugas untuk kita deploy ke penjuru Nusantara," kata Hammam.( )

Mobile Lab BSL 2 saat ini mampu memeriksa sebanyak 300 spesimen per hari. "Kita kalau di laboratorium BSL 2 yang mobile itu bisa memeriksa sampai 120 spesimen dalam waktu 12 jam. Sehari mungkin sekitar 300 spesimen yang bisa diperiksa," kata Hammam.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More