Muhammadiyah: 1 Ramadhan 1444 H Bakal Sama, Idul Fitri dan Idul Adha Dipastikan Berbeda

Senin, 06 Februari 2023 - 12:25 WIB
PP Muhammadiyah meyakini umat Islam bakal memasuki bulan puasa pada tanggal yang sama. Di mana 1 Ramadhan jatuh 23 Maret 2023. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Ketua PP Muhammadiyah Syamsul Anwar meyakini umat Islam bakal memasuki bulan puasa pada tanggal yang sama. Di mana 1 Ramadhan jatuh 23 Maret 2023.

Walaupun waktunya sama saat memasuki bulan Ramadhan, namun 1 Syawal (Idul Fitri) maupun 10 Dzulhijjah (Idul Adha) akan mengalami perbedaan.

"Untuk 1 Ramadan 1444H, besok menurut perhitungan di atas kertas itu insyaallah sama di seluruh Indonesia. Yang akan berbeda itu Syawal dan Dzulhijjah,"kata Syamsul dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Senin (6/2/2023).



Syamsul menjelaskan, perbedaan tanggal Idul Fitri dan Idul Adha karena sebagian umat Islam menggunakan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Di mana dalam penetapan awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah pada tahun ini, syarat ketinggian hilal adalah 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.





"Kalau kriteria itu belum terpenuhi berarti tidak dapat dilihat karena belum dapat dilihat maka menurut kriteria Mabim keesokan harinya belum terpenuhi syarat untuk memasuki bulan baru,"kata Syamsul.

Berbeda dengan metode yang digunakan PP Muhammadiyah yakni berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tarjdid PP Muhammadiyah dimana tidak berpatokan dengan penampakan bulan.

"Sedangkan menurut kriteria wujudul hilal yang tidak berpatokan pada penampakan yaitu tidak terlihat atau terlihat. Maka keesokan harinya sudah masuk bulan baru yaitu untuk 1 Syawal jatuh 21 April 2023. Dzulhijjah kemungkinan terjadi perbedaan di mana Muhammadiyah lebih dulu memasuki bulan Dzulhijjah sedangkan kriteria Mabims itu belum memasuki bulan Dzulhijjah,"tuturnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More