Inggris Sambut Kelahiran Putri Kerajaan

Minggu, 03 Mei 2015 - 11:10 WIB
Inggris Sambut Kelahiran Putri Kerajaan
Inggris Sambut Kelahiran Putri Kerajaan
A A A
LONDON - Kabar gembira datang dari keluarga kerajaan dan rakyat Inggris. Kate Middleton atau The Duchess of Cambridge melahirkan anak keduanya yang berjenis kelamin perempuan kemarin pukul 08.34 waktu setempat.

Kensington Palace telah mengumumkan secara resmi bahwa Kate Middleton dan bayinya dalam keadaan sehat. Adik Pangeran George itu lahir dengan berat 3,7 kg di Rumah Sakit St Mary tempat dulu George lahir pada Juli 2013.

Anggota kerajaan perempuan keempat di baris takhta Inggris ini belum diumumkan namanya, tetapi warga Inggris sudah menebak-nebak dan memfavoritkan dua nama anak perempuan: Alice dan Charlotte. Keluarga kerajaan seperti Ratu Elizabeth dan suami, Pangeran Philip atau Duke of Edinburgh, sang kakek Pangeran Charles atau Prince of Wales dan istri, Camilla Rosemary atau Duchess of Cornwall, serta Pangeran Harry sudah barang tentu menyambut sukacita lahirnya anggota baru kerajaan ini.

Lebih-lebih sang ayah, Pangeran William. Rakyat Inggris juga menunjukkan antusiasmenya menyambut kelahiran putri mahkota tersebut, bahkan di antaranya ada yang menunggu di luar rumah sakit dengan berkemah selama lebih dari seminggu. Sorak-sorai kerumunan pecah setelah berita kelahiran datang. ”Ini seorang anak perempuan! Ini gadis! Saya sangat senang. William ingin seorang gadis dan Diana ingin seorang gadis. Saya pikir itu bagus untuk George untuk memiliki adik perempuan,” ujar Margaret Tyler, 71, yang mengenakan jaket senada dengan warna dari bendera Inggris dan lencana untuk menghormati mendiang Lady Diana kepada AFP.

Kebahagiaan memang terpancar di seluruh penjuru Inggris Raya. Ucapan selamat terus berdatangan untuk keluarga kerajaan, tak terkecuali dari para pejabat Inggris. Perdana Menteri Inggris David Cameron melalui Twitter pun menulis, ”Selamat kepada Duke dan Duchess of Cambridge atas kelahiran bayi perempuan mereka. Saya benar-benar senang untuk mereka.” Wakil Perdana Menteri Nick Clegg juga turut berkicau.

”Seluruh negeri akan berharap dia sehat.” Dia mengaku beserta istrinya berharap yang terbaik untuk seluruh keluarga kerajaan. Pemimpin Partai Buruh Ed Miliband juga menulis, ”Selamat kepada Duke dan Duchess atas kelahiran putri mereka. Kami berharap mereka banyak bersukacita dan bahagia dan semoga akan banyak tidur.

” Dalam beberapa menit setelah Kate menjalani persalinan, berita ini langsung menjadi tren di Twitter dengan hashtag #royalbaby. Mereka yang penasaran untuk melihat langsung keriuhan penyambutan royal baby banyak juga yang datang ke Rumah Sakit St Mary. Operasi persalinan Kate ditangani langsung Guy Thorpe- Beeston, dokter kandungan spesialis kehamilan berisiko tinggi dan ahli bedah keluarga kerajaan.

Kondisinya memang sempat menimbulkan kekhawatiran. Kehamilan Kate menemui kendala setelah dia mengalami morning sickness parah serupa dengan kehamilan pertamanya. Di masa awal kehamilan dia harus berjuang karena terus mengalami mual hingga harus dirawat secara intensif di rumah sakit. Rencana telah dibuat William dan Kate setelah anak kedua mereka lahir. Beberapa hari pertama mereka masih di Kensington Palace untuk memulihkan kondisi Kate selepas melahirkan.

Kemudian direncanakan pasangan yang menikah pada 29 April 2011 itu akan pergi ke Anmer Hall, rumah pribadi milik Ratu Elizabeth di Sandringham Estate yang letaknya terpencil di Norfolk, Inggris timur. Mereka juga dikabarkan tidak berencana menyewa seorang perawat untuk mengurus sang buah hati.

Sebagaimana dikutip Majalah HELLO!, beberapa bulan lalu secara eksklusif diungkapkan bahwa Kate dan Willian akan menentang tradisi kerajaan dengan tidak mencari bantuan pengasuh. Ia hanya dibantu sang suami dan orang tuanya. Hal yang sama juga dilakukannya kepada Pangeran George dulu. ”Sebagai orang tua baru, Duke dan Duchess ingin menikmati kebersamaan dengan bayi baru mereka,” kata seorang sumber kerajaan.

Dalam beberapa minggu pertama setelah kelahiran, ibu Kate, Carole Middleton, diperkirakan akan tetap di sisi putrinya dan membantu keperluan Kate. Direncanakan juga putri kerajaan baru itu akan dibaptis sebagai anggota Gereja Inggris dengan memakai gaun replika yang dibuat untuk putri sulung Queen Victoria pada 1841 dengan renda rumit berbahan satin.

Seorang pengamat kerajaan mengatakan kelahiran di kerajaan ini bisa menyuntikkan puluhan juta pound ke dalam ekonomi Inggris karena seorang perempuan bisa sangat menguntungkan lantaran bisa menjadi trendsetter fashion . Sementara itu, untuk perayaan, kerajaan telah menyiapkan meriam yang akan diledakkan di London.

Ananda nararya
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5767 seconds (0.1#10.140)