KNPI Ditantang Lahirkan Calon Pemimpin Baru

Kamis, 30 April 2015 - 10:09 WIB
KNPI Ditantang Lahirkan Calon Pemimpin Baru
KNPI Ditantang Lahirkan Calon Pemimpin Baru
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mampu terus berkontribusi melahirkan pemuda-pemuda calon pemimpin yang akan memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara.

”Saya berharap KNPI kembali ke khitahnya. Saya menaruh keyakinan amat kuat bahwa KNPI bakal terus melahirkan tokoh besar untuk memimpin negeri. Kiprah pemuda KNPI ditunggu di negeri ini,” ujar Menpora pada acara pengukuhan pengurus DPP KNPI di Jakarta tadi malam.

Melalui organisasi seperti KNPI, kata Menpora, pemuda Indonesia dapat dibina, tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan siap tampil memimpin . Pada kesempatan itu, Menpora juga menantang KNPI untuk berani membuat sejarah baru. Bahkan, jika perlu, KNPI harus berani membuat momentum sejarah serupa Sumpah Pemuda 1928 demi meningkatkan semangat perjuangan dan kebangkitan anak negeri.

”Saya ingin ada Sumpah Pemuda jilid II yang dibuat KNPI. Karena kita harus membuat sejarah baru, kita ingin sumpah tersebut bisa dirasakan pemuda hari ini,” ujarnya. Sementara itu, Ketua Umum DPP KNPI Periode 2015-2018 Muhammad Rifai Darus menegaskan, praktik demokrasi liberal saat ini berdampak besar pada atmosfer dan dinamika kepemudaan.

Orientasi politik kekinian cenderung transaksional sehingga KNPI perlu tampil menjadi wadah pengembangan nilai Pancasila dan NKRI. Dalam memimpin KNPI hingga tiga tahun mendatang, Rifai mengaku mengusung visi Trust for Harmony. Makna dari visi tersebut adalah pemuda sebagai generasi penerus pembangunan bangsa harus diberi kepercayaan.

Dengan adanya kepercayaan maka akan terbangun harmonisasi pada gerakan program dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Menurutnya, setiap pemimpin harus memberikan teladan untuk menumbuhkan kepercayaan. ”Kita harus saling percaya bahwa aneka warna politik, haluan ideologi, keyakinan, suku, itu merupakan modal dasar membangun harmoni, keberlangsungan demokrasi dan berdirinya negara NKRI sesuai asas Bhinneka Tunggal Ika,” tambahnya.

Dia menyebut lima komitmennya dalam menata orientasi kepemudaan. Komitmen tersebut adalah mengembalikan marwah pemuda, menjadikan KNPI wadah pengembangan nilai Pancasila dan NKRI, menyelesaikan konflik di kalangan kaum muda, menempatkan KNPI sebagai organisasi yang dapat membangun kemitraan strategis dengan pemerintah, dan yang terakhir menata organisasi dan meningkatkan kapasitas pemuda.

Mula akmal
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4785 seconds (0.1#10.140)