Lulusan PTN Kembangkan PLTN

Rabu, 29 April 2015 - 09:18 WIB
Lulusan PTN Kembangkan PLTN
Lulusan PTN Kembangkan PLTN
A A A
JAKARTA - Lulusan perguruan tinggi negeri (PTN) dianggap sudah siap bekerja untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Bahkan, mahasiswanya pun sudah pandai merawat reaktor riset saat ini.

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan, Indonesia tidak perlu khawatir kekurangan sumber daya manusia (SDM) untuk pengembangan nuklir sebagai energi potensial.

Menurut dia, lulusan perguruan tinggi di Indonesia memang sudah siap untuk mengembangkan PLTN. ”Sejarah persiapan PLTN sudah cukup panjang. Tentu kemampuan SDM kita pun siap dalam menguasai teknologi nuklir,” katanya dalam diskusi Nuklir Energi Masa Depan di Jakarta kemarin.

Djarot menjelaskan, Batan pun sudah lama bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri (PTN) dalam hal penelitian dan diseminasi energi nuklir, khususnya dengan UI, ITB, dan UGM. Tidak hanya itu, tambahnya, sosialisasi nuklir ke kalangan mahasiswa sebagai generasi muda sebagai pengembang nuklir selanjutnya pun sudah dilakukan.

Dia mengungkapkan, sarjana sains dan teknik pun kompetensinya sangat bagus. Bahkan, mereka turut mengoperasikan dan merawat tiga reaktor riset kepunyaan Batan.

Neneng zubaidah
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5428 seconds (0.1#10.140)