Kapal Imigran Tenggelam, 700 Orang Tewas

Senin, 20 April 2015 - 09:39 WIB
Kapal Imigran Tenggelam, 700 Orang Tewas
Kapal Imigran Tenggelam, 700 Orang Tewas
A A A
ROMA - Kapal imigran kembali tenggelam di perairan Mediterania yang mengakibatkan lebih dari 700 orang tewas.

Badan Urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) mengungkapkan, operasi penyelamatan yang dilakukan penjaga pantai Italia hanya berhasil menyelamatkan 28 orang. Lebih dari 700 imigran berada di kapal sepanjang 20 meter yang tenggelam. ”Itu menjadi kecelakaan terburuk yang pernah terjadi di Laut Mediterania,” kata Juru Bicara UNHCR Carlotta Sami, dilansir AFP .

Angkatan Laut Malta menyatakan mereka menerima sinyal tanda bahaya pada Sabtu (18/4) tengah malam. Kapal itu tenggelam di sekitar 177 km selatan Pulau Lampedusa, Italia. Menurut Sami, pasukan penjaga pantai Italia langsung meminta kapal dagang yang berada di sekitar lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan. ”Kapal Portugal yang tiba di lokasi kecelakaan berhasil memberikan pertolongan kepada beberapa imigran,” kata Sami.

Sebanyak 17 kapal kemarin tiba di lokasi kecelakaan untuk mencarikorbanselamat. Namun, merekatidakmembuahkanhasil. ”Operasi penyelamatan besarbesaran dilancarkan setelah kapal yang membawa ratusan migran terbalik di Laut Tengah,” kata otoritas penjaga pantai Italia kepada BBC. Pasukan penjaga pantai Italia mengungkapkan, 24 jenazah berhasil ditemukan di sekitar lokasi kecelakaan.

Tragedi itu menambah daftar serangkaian kecelakaan kapal imigran yang hendak menuju negara Uni Eropa (UE). Sebelumnya, kecelakaan kapal imigran di perairan dekat Malta terjadi pada September 2014.

Sekitar 500 imigran tewas karena kapal yang ditumpangi tenggelam. Pada Oktober 2013, lebih dari 360 warga Afrika tewas setelah kapal kecil yang mereka tumpangi juga tenggelam di perairan Lampedusa.

Andika hendra m
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5096 seconds (0.1#10.140)