Gaya Baru Berwisata

Sabtu, 18 April 2015 - 10:59 WIB
Gaya Baru Berwisata
Gaya Baru Berwisata
A A A
Berikut ini adalah tiga tempat yang sedang hip banget untuk dikunjungi jika kamu ingin menjajal tempat baru untuk berwisata, yakni wisata ketinggian. Apa saja?

PUNCAK SUROLOYO

Puncak Suroloyo merupakan salah satu destinasi yang belakangan memenuhi beranda Instagram. Kawasan tersebut merupakan puncak tertinggi Perbukitan Menoreh yang terletak di Yogyakarta, Jawa Tengah. Ketinggiannya mencapai kurang lebih 2.000 mdpl. Terdapat 2 jalur anak tangga untuk mencapai Puncak Suroloyo.

Kalau sebelah timur harus mendaki 254 anak tangga, sedangkan sebelah barat harus menaiki 286 anak tangga. Menuju puncak setinggi 1.019 meter itu memang cukup melelahkan. Namun, semuanya akan terbayar dengan indahnya pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Tidar, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Slamet, dan Candi Borobudur.

TEBING KERATON


Tebing Keraton tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung. Terletak di kawasan Taman Hutan Raya Ir H Djuanda di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat. Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), pengunjung cukup membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 dan bisa puas menikmati pemandangan yang menakjubkan terhampar luas lebih dari 180 derajat. Hutan yang penuh dengan pepohonan hijau menghiasi pemandangan lembah dan gunung-gunung di sekitarnya.

KALIBIRU

Selain Puncak Suroloyo, wisata Kalibiru enggak kalah ngehitsnya. Wisata Kalibiru terdapat di Perbukitan Menoreh, Kulonprogo, Yogyakarta, dengan ketinggian 450 mdpl. Lokasi kawasan wisata ini terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta dengan jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam.

Kondisi jalan menuju wisata Kalibiru sudah cukup baik. Namun, tetap pastikan bahwa kendaraan yang dipakai prima. Sebab tidak hanya terjal dan berkelok, juga licin saat musim hujan. Dari puncaknya, pengunjung dapat melihat perbukitan Menoreh sekaligus Waduk Sermo. Bahkan kalau cuaca sedang cerah, terlihat juga dari kejauhan ombak Pantai Selatan.

Syifa Fauziah
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3314 seconds (0.1#10.140)