Siti Zaenab Dieksekusi, Indonesia Kirim Nota Protes

Rabu, 15 April 2015 - 11:42 WIB
Siti Zaenab Dieksekusi,...
Siti Zaenab Dieksekusi, Indonesia Kirim Nota Protes
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi mengaku, baru mendapat info eksekusi mati terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Bangkalan, Madura, Siti Zaenab binti Duhri, di Madinah, Arab Saudi.

"Mengenai Zainab kami mendapat info melalui konsulat di Jedah, sekali lagi info tersebut kami peroleh setelah eksekusi. Kemarin kami kirim nota protes untuk tanya kenapa perwakilan kita tidak diberi info," ujar Retno di Komplek Istana, Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2015).

Retno menegaskan, sejak lama pemerintah sudah berupaya menyelamatkan Zaenab dari hukuman mati pemerintah Arab Saudi baik melalui jalur hukum, diplomatik dan informal. (Baca: Permohonan 3 Presiden RI Ditolak, Siti Tetap Dipancung)

Untuk mendapatkan maaf dari keluarga korban, mulai almarhum Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengirim surat kepada Raja Arab Saudi.

Retno menjelaskan, hukuman mati tetap dilakukan lantaran keluarga korban tidak memberikan maaf atas pembunuhan yang dilakukan Siti Zaenab.

"Kasus ini adalah 99 dan putusan pengadilan 2001, karena ahli waris tersebut sudah akil balik dan tidak diberi maaf sehingga eksekusi terjadi," tegas Retno.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0788 seconds (0.1#10.140)