Timnas Futsal Targetkan Prestasi Dunia

Minggu, 12 April 2015 - 10:40 WIB
Timnas Futsal Targetkan Prestasi Dunia
Timnas Futsal Targetkan Prestasi Dunia
A A A
JAKARTA - Tim nasional futsal Indonesia tampil sempurna menghadapi klub Jepang, Bardral Urayasu. Bermain taktis, Andriansyah Agustin dkk menang telak 7-3. Dengan kualitas yang kian terasah, timnas menargetkan dapat mengukir prestasi tingkat dunia.

Ketua Umum Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) Hary Tanoesoedibjo (HT) menuturkan, timnas futsal terus menunjukkan perkembangan positif. Permainan para penggawa timnas juga makin bagus. Kendati demikian, ke depan kualitas itu akan terus ditingkatkan.

”Kita akan sering mengadakan kompetisi internasional seperti ini supaya mental mereka terlatih dan permainan semakin kompak. Kompetisi tentunya dengan melawan tim-tim berbobot, semisal dari Jepang ini,” kata HT menjelang kick-off laga uji coba timnas futsal Indonesia versus Badral Urayasu di Britama Arena Sports Mall, Kelapa Gading, Jakarta, kemarin CEO MNC Group ini menuturkan, pertandingan persahabatan dengan klub luar negeri merupakan salah satu persiapan timnas futsal menghadapi kompetisi Piala AFF 2015, Bangkok, Thailand.

Pada ajang regional tersebut, AFI berharap dapat meraih gelar juara. Tidak hanya itu, AFI juga menargetkan timnas nantinya dapat menembus Piala Dunia Futsal. Demi mendongkrak kualitas tim, HT berencana untuk merekrut pelatih asing. Saat ini ada beberapa pelatih yang diincar. ”Ada yang dari Brasil, juga dari Italia. Intinya kita ingin pelatih yang lebih baik lagi, karena kalau kita ingin bagus pelatih juga harus bagus,” katanya.

Laga uji coba melawan Bardral Urayasu kemarin seperti menjadi panggung kemampuan teknik dan kerja sama timnas futsal Merah Putih. Sempat tertinggal terlebih dulu, Indonesia bangkit dan menggelontorkan tujuh gol yang dicetak Andriansyah Agustin (7), Andri Kustiawan (14), Randy Satria Mushar (18), Indra Kurnia Purnomo (24), Syahidansyah Lubis (31), Ardi Dwi Suwardi (36), Sandy Gempur Purnama (37).

Sementara tiga gol Bardral dilesakkan Isamu Ogura (1), Ryuma Kato (26), dan Takashi Nakajima (38). Pelatih Timnas Futsal Indonesia Dadang Iskandar senang timnya dapat meraih kemenangan. Namun dia mengakui masih ada beberapa kelemahan, terutama soal teknik. ”Pastinya banyak evaluasi. Saya akan terus memotivasi dan memperbaiki tim agar mereka berani tampil menekan,” katanya.

Sementara kapten Bardral, Yusuke Komiyama, memuji permainan timnas. Yusuke bahkan terkejut karena Indonesia bermain sangat rapi dan pantang menyerah. Kualitas timnas jauh berkembang dibandingkan 10 tahun silam.

”Sepuluh tahun yang lalu saya pernah memperkuat timnas futsal Jepang dan berhadapan dengan Indonesia. Sekarang futsal Indonesia sudah sangat maju. Saya terkesan dengan permainan mereka,” ujar Yusuke seusai laga. Menurutnya, kekalahan Bardral akibat tidak disiplin dalam menjaga lawan. Meski unggul lebih dulu, mereka lengah.

raikhul amar
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4592 seconds (0.1#10.140)