Satu Keluarga Tewas Terbakar

Kamis, 09 April 2015 - 09:57 WIB
Satu Keluarga Tewas Terbakar
Satu Keluarga Tewas Terbakar
A A A
JAKARTA - Satu keluarga tewas terpanggang dalam kebakaran sebuah rumah di Jalan Semeru Raya RT 01/10, Kelurahan Grogol, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, kemarin pagi.

Tiga korban itu yakni Edy Susanto (suami), 60, Tam Bin Tjin (istri), 55, dan putri bungsunya, Candy, 20. Sumber kebakaran diduga berasal dari bakaran hio di altar sembahyang yang berada di lantai dasar rumah tersebut. Tak kurang dari satu jam, api merembet semakin cepat.

Saat itu ketiganya tengah terlelap tidur. ”Dari ruang tamu, api sudah kelihatan membesar,” kata H Carika, 50, tetangga depan rumah korban yang pertama kali mengetahui kebakaran tersebut. Dia berupaya membangunkan penghuni rumah meski terhalang pagar besi yang digembok rapat.

Sementara si jago merah terus membesar dari dalam rumah berlantai dua bercat putih itu. Meski dia berusaha membangunkan penghuni rumah, tiga orang di dalamnya tak juga memberikan respons. ”Lalu, saya gedorin tetangga yang lain sambil berteriak kebakaran,” kata Carika.

Saat kebakaran, sejumlah warga berulang mendengar ledakan yang diduga bersumber dari empat sepeda motor yang terparkir di rumah korban. ”Pas banget kejadiannya habis pada bubaran salat Subuh,” ucap Alfira, 29, tetangga sebelah rumah korban.

Tidak berselang lama barulah tiga penghuni rumah meminta pertolongan. Warga berupaya memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya. Akhirnya, api berhasil dipadamkan sekitar 20 menit setelah 15 mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Tubuh Edy ditemukan gosong di ruang tamu, sedangkan Tam Bin Tjin dan Candy berpelukan di kamar mandi. Mereka terjebak di dalam rumah karena terhalang pagar besi yang digembok rapat.

”Pak Edy itu seluruh tubuhnya hangus sampai tidak dikenali lagi. Kalau istri sama anaknya berpelukan di kamar mandi, wajahnya masih mulus,” ucap Alfira. Polisi yang melakukan penyidikan menduga satu keluarga tersebut tidak dapat menghindari jilatan api karena pintu keluar terkunci rapat.

Sementara lantai dua rumah berteralis besi. ”Sumber apinya dari ruang tamu dari bakaran dupa di meja sembahyang. Jalan keluarnya ya di situ, makanya mereka terjebak,” kata Kanit Reskrim Polsek Tanjung Duren AKP Maryadi.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Pardjoko menyayangkan lambatnya laporan kebakaran yang menewaskan satu keluarga itu. ”Petugas piket mendapat informasi pukul 05.20 WIB. Itu pun kami sigap, api tidak meluas ke rumah lainnya,” ujarnya.

Selain kebakaran yang menewaskan satu keluarga, kebakaran juga terjadi di dua lokasi lain di Jakarta Barat. Pada pukul 09.45 WIB, api menghanguskan satu rumah di Jalan Krendang Timur RT 6/3, Krendang, Tambora. Dalam waktu lima menit api bisa dijinakkan dengan 10 unit mobil pemadam.

Satu kebakaran lainnya terjadi di Jalan Srengseng Raya, Kembangan. ”Itu hanya kabel udara yang terbakar, langsung diamankan 10 unit mobil pemadam yang datang ke lokasi,” ucapnya.

Yan yusuf
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4236 seconds (0.1#10.140)