iNews TV Komitmen Usung Berita Inpiratif-Informatif

Selasa, 07 April 2015 - 10:17 WIB
iNews TV Komitmen Usung Berita Inpiratif-Informatif
iNews TV Komitmen Usung Berita Inpiratif-Informatif
A A A
JAKARTA - MNC Group terus berkomitmen mengukuhkan perannya sebagai perusahaan media di Indonesia yang menayangkan informasi-informasi berkualitas.

Sebagai wujud komitmen tersebut, tadi malam MNC meluncurkan iNews TV, saluran televisi yang fokus pada konten berita. Peluncuran dilakukan oleh CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) di Studio 9 RCTI Jalan Kebon Jeruk, Jakarta.

Hadir dalam kesempatan itu antara lain Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, kepala daerah, aktivis, akademisi hingga artis-artis ternama.

HT mengatakan, iNews TV lahir untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap informasi yang sifatnya dinamis dan lengkap. iNews TV akan lebih kuat dalam pemberitaan karena disokong dengan lebih dari 40 televisi lokal yang mencakup sekitar 80% dari wilayah Indonesia.

”Semangat iNews TV adalah memberikan sajian yang inspiratif dan informatif, sebab semakin bangsa kita maju semakin meningkat pula kebutuhan informasi,” ujar HT. Menurut HT, kehadiran iNews TV semakin menambah pilihan-pilihan masyarakat akan tayangan bermutu dan mendidik. Apalagi, menurutnya, televisi-televisi bersegmentasi berita cukup digemari oleh masyarakat. ”Ini adalah televisi berita yang hadir 24 jam, di mana akan menjadi pelengkap untuk televisi kita yang sudah ada di Indonesia,” terangnya.

iNews TV akan diproyeksikan menjadi televisi berita nomor satu di Indonesia. Konten siarannya, 70% di antaranya berupa berita. Selain berasal dari peliputan televisi lokal, pemberitaan iNews TV akan tersinergikan dengan televisi di bawah grup MNC yang lain seperti RCTI, MNCTV, Global TV maupun MNC News Channel .

Untuk menuju target itu, MNC Group kini tengah membangun Gedung News Center di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. News Center ini, kata HT, dibangun dengan dana sekitar Rp1 triliun. Di dalamnya dilengkapi dengan infrastruktur yang berteknologi mutakhir. Dengan News Center ini, MNC bertekad menjadi perusahaan media yang terbaik di kawasan Asia ke depan. ”Dengan fasilitas itu seharusnya bisa menghasilkan kualitas TV berita yang terbaik,” tandasnya.

Saat memberikan pengarahan kepada kepala biro (kabiro) iNews TV, HT mengatakan, iNews adalah satu-satunya TV lokal berjaringan nasional. Untuk itu, dia menekankan pentingnya peran kontributor daerah dalam menyuplai berita yang berkualitas.

HT berpesan pada kabiro untuk mengintensifkan komunikasi dengan kontributor guna memperkuat kapasitas kontributor dalam membuat berita. Karena konten iNews TV fokus menyajikan pemberitaan, menurut HT, berita yang disajikan harus benar-benar berkualitas dan berbeda dengan saluran berita lain.

Kualitas berita ditentukan oleh eksklusivitas dan kedalaman dalam menggali isu pemberitaan. ”Sekreatif apa pun modelnya, tanpa dibarengi dengan kedalaman berita, maka sama saja. Pembuatan angle berita harus diperhatikan, harus berbeda dengan yang lain,” katanya.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon memberikan ucapan selamat atas diluncurkannya iNews TV . Dia berharap televisi yang mengusung inspirasi dan informasi ini bisa sukses dan membawa perubahan baik bagi masyarakat. ”Semoga menjadi salah satu alternatif media pilihan masyarakat yang membawa perubahan baik dalam hal budaya, maupun politik,” kata dia.

Hal serupa disampaikan anggota Komisi III DPR Nasir Djamil. Dia berharap kehadiran iNewsTV dapat menambah variatifnya suguhan kepada masyarakat akan kebutuhan informasi yang bermutu dan mendidik. ”Tentu saja kehadiran iNews TV akan memberikan banyak pilihan kepada masyarakat untuk melihat Indonesia secara utuh dan memberikan nuansa baru berupa pendidikan sehingga pemirsa bisa tercerahkan,” kata Nasir.

Begitu juga dengan komentar yang disampaikan oleh Menhub Ignasius Jonan. Mantan dirut KAI itu menilai kehadiran televisi berita terbaru ini akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi, khususnya tentang sarana transportasi yang aman dan nyaman. ”Jadi, ini untuk Kemenhub untuk perbaikan transportasi di Indonesia,” jelas Jonan.

Sementara artis Ayu TingTing berharap, industri hiburan akan semakin berkembang dengan adanya pemberitaan positif yang ditawarkan televisi berita ini. ”Saya berharap informasinya terus menjadi panduan masyarakat dalam mendapatkan kabar yang bermanfaat,” imbuhnya.

Legal and Corsec Director iNews TV Wijaya Kusuma Subroto mengungkapkan, iNews yang sebelumnya SINDO TV merupakan televisi nasional berjaringan terbesar di Indonesia dengan News Center terbesar se-Asia. Saat ini iNews memiliki jaringan 46 televisi lokal yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan 21 kabiro.

Wijaya menyampaikan, fokus konten iNews adalah kebalikan dari tiga televisi nasional milik MNC Group yang sudah mengudara terlebih dahulu. Jika ketiga saluran TV itu lebih mengedepankan hiburan, 70% konten iNews didominasi berita, selebihnya diisidengan sport dan reality show. ”Dengan potensi yang dimiliki, baik fasilitas dan afiliasi grup yang kuat, iNews akan menjadi yang terdepan dan bisa menyajikan program-program terbaik,” terangnya.

iNewsmaker Awards 2015

Dalam peluncuran iNews TV tadi malam, diserahkan juga sejumlah penghargaan kepada sejumlah orang yang telah menoreh prestasi. Ada sembilan kategori yang diadakan meliputi politisi terbaik, politisi kontroversi, selebriti, selebriti kontroversi, menteri, kepala daerah, aktivis, CEO, serta lifetime achievement .

Tantowi Yahya yang menerima penghargaan sebagai politisi terbaik mengucapkan terima kasih iNews TV . ”Untuk penghargaan ini, saya ucapkan terima kasih untuk istri dan untuk kedua anak saya. Juga saya ucapkan terima kasih kepada kolega saya di Partai Golkar baik di Munas Bali maupun Munas Ancol,” ucapnya.

Sementara untuk kategori lifetime achievement, iNews TV Award memberikan penghargaan kepada tokoh nasional Ahmad Syafii Maarif.

Dian ramdhani/ Khoirul muzakki
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8577 seconds (0.1#10.140)