Hari Ini Penentuan UMKM Terbaik Nasional

Senin, 06 April 2015 - 10:59 WIB
Hari Ini Penentuan UMKM Terbaik Nasional
Hari Ini Penentuan UMKM Terbaik Nasional
A A A
JAKARTA - Gerakan wirausaha nasional Oneintwenty Movement 2014-2015 tiba di tahapan terakhir. Nanti malam, lima pemenang yang mewakili tiap kategori bakal dinobatkan sebagai UMKM terbaik nasional Oneintwenty Movement 2014-2015 .

Sebanyak 39 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan pemenang business plan dari 8 kota, yakni Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, mewakili 5 kategori, yakni teknologi informasi (IT)/kreatif, fashion, food and beverage, jasa, serta pelajar/ mahasiswa. Mereka diuji lalu mempresentasikan rencana bisnis mereka kemarin di Gedung SINDO Jakarta.

”Sebenarnya dari 8 kota itu ada sekitar 1.000 UMKM dan tersaring menjadi 39 UMKM,” ujar CEO Smartpreneur-Pro Indonesia Budi S Isman di Gedung SINDO kemarin. ”Dalam penjurian, masingmasing dari UMKM tersebut dipanggil satu-satu, lalu diuji dan mempresentasikan bisnis mereka,” imbuhnya.

Nanti malam, lima pemenang yang mewakili tiap kategori akan diumumkan di Balai Kartini Jakarta. Acara penganugerahan penghargaan pemenang UMKM Oneintwenty Movement akan dihadiri Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Sebelumnya, dari pagi hari ini hingga sore digelar Talkshow Entrepreneur yang menghadirkan Budi S Isman dan Senior Vice President PT Bank Danamon Indonesia Tbk Ketut Wijaya.

Setelah itu Talkshow CEO dilaksanakan. Acara tersebut menghadirkan pembicara di antaranya CEO IBM Indonesia Gunawan Santoso, CEO Arwana Citra Tandean Rustandy, serta CEO Saratoga Sandiaga Uno. Gerakan wirausaha nasional Oneintwenty Movement merupakan langkah positif untuk memotivasi entrepreneur muda dalam mengembangkan usahanya.

Pada 2020 nanti diharapkan 5% dari penduduk Indonesia berstatus wirausaha. Budi menambahkan, kegiatan ini sangat penting karena terstruktur mulai dari pembinaan, pelatihan bisnis, penyiapan workshop, serta pendampingan. ”Saya belum melihat secara masif ada yang melakukan kegiatan ini. Mungkin ada sebagian yang melakukannya, tetapi tidak sekomprehensif yang kita lakukan,” ujarnya.

Dia melanjutkan, semakin banyak yang terlibat dalam Oneintwenty Movement akan mempercepat pengembangan UMKM di Tanah Air. ”UMKM sangat berpotensi menjadi bisnis nasional, bahkan hingga tingkat internasional,” imbuhnya.

Salah satu peserta pada kategori IT, Andi Suandharu, CEO dan Founder Sociocaster, mengatakan Oneintwenty Movement mampu mendidik peserta agar mampu memetakan bisnis secara terstruktur, tapi tidak rumit. ”Saya basic -nya teknis, tapi di sini jualan tidak bisa asal. Bagaimana bisnis bisa memetakan spesifik target market dan bukan kepada semua orang,” ujarnya.

Pada saat penjurian, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Euis Saedah yang bertindak sebagai juri kategori food and beverage mengaku agak kesulitan menentukan pemenang.

”Semua peserta bagus semua. Bedanya hanya sedikit antara satu dengan yang lainnya. Tapi perhatian saya lebih ke yang mempunyai prospek ke depan, lebih jelas posisi pasarnya, dan juga industri, artinya mengolah sesuatu yang terutama sumber daya lokal,” jelasnya.

Euis mengemukakan, dalam pemenang tentu ada kriteria, salah satunya prospek bisnis ke depan. Mulai dari pengelolaan sumber daya manusia hingga perencanaan keuangan. ”Tidak hanya menguntungkan owner, tetapi juga pekerjanya. Selain itu sumber daya bahannya itu 60% lokal,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam mendukung UMKM, Bank Danamon berkomitmen untuk terus membantu pengembangan usaha mikro. Senior Vice President PT Bank Danamon Indonesia Tbk Ketut Wijaya mengatakan salah satu bentuk konkret dalam mendukung UMKM adalah menyalurkan produk serta layanan pembiayaan pengusaha mikro dan kecil.

”Kita juga mempunyai produk-produk lain, pinjaman maupun simpanan di mana kita memperkenalkan asuransi mikro, tabungan mikro dengan feature yang terjangkau dan tidak memberatkan sama sekali,” papar Ketut.

Selain itu, Bank Danamon bersama berbagai komunitas melakukan program edukasi. Sangat penting pelaku usaha mikro memiliki wawasan untuk mengembangkan usaha secara profesional, atraktif, dan terencana dari sisi keuangan.

General Manager Sales and Marketing Sindonews Rini Irawati Nuruda tujuan Oneintwenty Movement adalah menciptakan 1 dari 20 orang menjadi pengusaha. Dia menambahkan, Sindonews. com bangga menjadi partner Yayasan Pro Indonesia bersama founder Budi S Isman dalam melaksanakan kegiatan ini.

Oktiani endarwati/ Sindonews
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0309 seconds (0.1#10.140)