Pemerintah Kota Makassar Akan Gelar LISA Award

Sabtu, 28 Maret 2015 - 10:55 WIB
Pemerintah Kota Makassar Akan Gelar LISA Award
Pemerintah Kota Makassar Akan Gelar LISA Award
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Sulawesi Selatan akan mengadakan program Lihat Sampah Ambil (LISA) Award.

Kegiatan ini digelar sebagai bentuk penghargaan pemerintah terhadap masyarakat yang peduli kebersihan itu. Acara rencananya digelar pada 8 Mei mendatang. ”Selain LISA Award, kami juga akan menggelar rangkaian pameran yang diadakan mulai 1 Mei 2015,” tegas Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto saat berkunjung ke KORAN SINDOkemarin. Menurut dia, acara itu juga digelar dalam rangka memperingati HUT ke-408 Kota Makassar.

Bagi pemenang LISA Award, namanya bakal ditulis dalam sebuah prasasti di Pantai Losari. Selain bisa dikenang, tentu hal itu akan memotivasi masyarakat lain untuk terus menjaga kebersihan. ”Selain bagi warga yang memenangkan program LISA Award menjadi kebanggaan, juga akan membuat warga lainnya terdorong untuk terus menjaga kebersihan,” ungkap Danny Pomanto, sapaan akrab sang wali kota.

Program LISA Awardini juga merupakan salah satu kegiatan unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang akan membuat kebersihan kota terpelihara sepanjang waktu. Karena itu, untuk mendukung kebijakan tersebut, pemkot juga telah menyediakan puluhan mobil sampah yang dirancang sendiri dengan sebutan Mobil Sampah Tangkasaki (Truk Angkutan Sampah Kita). Mobil ini didesain antikarat dengan bak sampah terbuat dari aluminium.

Kendaraan itu terbilang unik karena dilengkapi teknologi global positioning system. Sejauh ini, sudah ada 48 unit dari 100 unit yang dibutuhkan. ”Mudah-mudah pengadaan Mobil Sampah Tangkasaki bisa selesai pada 2015 ini,” ujar mantan dosen Universitas Hasanuddin itu. Dalam sehari, kata dia, sampah masyarakat Kota Makassar mencapai 1.000 ton dengan satu tempat pembuangan akhir di Tamangapa Antang.

Dengan program itu, kesadaran masyarakat tentang kebersihan diharapkan akan semakin meningkat. ”Agar masyarakat peduli kebersihan, setiap sampah yang dikumpulkan bisa ditukar dengan beras,” ujarnya.

Selain program LISA, Pemkot Makassar juga memiliki program unggulan lainnya, seperti Makassar Smart Card (MSC). MSC ini berbentuk kartu yang dapat digunakan untuk berbagai macam layanan, di antaranya layanan kesehatan. ”Dengan adanya MSC, warga Makassar bisa berobat secara gratis,” ungkapnya.

M ridwan/ sindonews
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4468 seconds (0.1#10.140)