Pemain Sepak Bola Berpendapatan Besar 2015

Senin, 23 Maret 2015 - 12:12 WIB
Pemain Sepak Bola Berpendapatan Besar 2015
Pemain Sepak Bola Berpendapatan Besar 2015
A A A
Dunia sepak bola ternyata telah menjadi industri baru dalam kancah globalisasi yang berimbas kepada banyak pihak tak terkecuali para pemain. Bermodal skill dan nama besar, aliran uang akan memperkaya mereka dari keahlian mengolah si kulit bundar.

1. CRISTIANO RONALDO
Cristiano Ronaldo menjadi pemain termahal dunia tahun 2015 dengan total pendapatan mencapai USD227,95 juta atau setara dengan Rp3 triliun. Winger Real Madrid ini sukses di lapangan hijau dengan menggondol gelar Ballon d'Or 2014, serta banyak membintangi iklan berbagai produk. Rasanya sulit bagi pemain lain untuk mengalahkan sosok Ronaldo jika berhubungan dengan pendapatan.

2. LIONEL MESSI
Total pendapatan Lionel Messi mencapai USD217,1 juta atau setara dengan Rp2,86 triliun. Memasuki tahun 2015, performa Messi kian menanjak dan sukses mengalahkan Trio BBC, Bale Benzema Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dalam urusan produktivitas di lapangan hijau.

3. NEYMAR
Total pendapatan striker Barcelona asal Brasil ini adalah USD146,54 juta atau setara dengan Rp1,93 triliun. Meski masih dibilang remaja, namun Neymar adalah pemuda yang berkualitas dunia. Skill olah bola, insting gol, bahkan pesonanya di luar lapangan pun kerap menjadi uang. Dia sering menjadi bintang iklan untuk berbagai produk olahraga maupun non olahraga.

4. ZLATAN IBRAHIMOVIC
Malmo FF, Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, dan kini PSG sudah merasakan kegembiraan memiliki seorang Ibra. Dia juga dikenal sebagai pemain yang tak pernah setia dengan satu klub. Untuk masalah pendapatannya, Zlatan memiliki senilai USD113,98 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

5. WAYNE ROONEY
Wayne Rooney saat ini menjadi pemain dengan gaji tertinggi di level Liga Primer. Tak hanya berpenghasilan di lapangan hijau, Rooney juga dikenal untuk mempromosikan sponsor internasional Chevrolet. Bahkan eks pemain Everton ini juga memiliki kegiatan lain bersama sejumlah organisasi. Total pendapatan Rooney adalah USD111,81 juta atau setara dengan Rp1,47 triliun.

6. KAKA
Ricardo Kaka saat ini dia bermain untuk Orlando City. Di klub tersebut mantan bintang AC milan ini dibayar dengan gaji tertinggi di level Liga Sepak Bola Amerika Serikat. Berkat gajinya tersebut, Kaka masuk dalam 10 pemain terkaya di dunia dengan total pendapatan yang dimiliki mencapai USD104,21 juta. Jika dirupiahkan, nilai tersebut adalah Rp1,3 triliun.

7. SAMUEL ETOO
Dia salah satu sosok striker maut yang pernah ada di muka bumi ini. Selain memiliki kecepatan dan berlari, akurasi tendangan serta insting mencetak golnya pun juga tinggi. Tak heran jika dia kerap sukses di manapun bermain. Striker veteran ini baru saja menandatangani kontrak bersama klub Serie, Sampdoria. Dilaporkan bahwa pendapatan mantan bomber Barcelona dan Inter Milan ini adalah mencapai USD94,99 juta atau setara dengan Rp1,25 triliun.

8. RAUL GONZALEZ
Masa kejayaan seorang Raul Gonzalez di pentas Eropa sudah tak lagi bertaji. Namun saat ini Raul sama sekali belum habis. Kini, dia merumput bersama salah satu klub MLS New York Cosmos. Ada kabar yang menyebutkan bahwa dia nantinya akan kembali ke Spanyol untuk bekerja bersama Real Madrid usai pensiun. Dilaporkan, pendapatan Raul saat ini menyentuh angka USD92,27 juta atau setara dengan Rp1,21 triliun.

9. RONALDINHO
Masa keemasan pemain asal Brasil ini memang sudah lewat, namun saat ini dia masih aktif bermain di lapangan hijau dan cukup memukau. Pendapatan yang dimiliki pemain yang kini merumput bersama klub Meksiko Queretaro ini adalah USD90,1 juta atau sekitar Rp1,18 triliun.

10. FRANK LAMPARD
Pemain milik New York city yang sedang dipinjamkan ke Manchester City ini awalnya hanya akan dipinjamkan selama setengah musim saja, namun sepertinya eks pemain Chelsea tersebut enggan terbang ke MLS di Januari lalu. Dia berniat bertahan bersama City hingga akhir musim Premier League nanti. Perlu diketahui, pendapatan Lampard kini menyentuh angka USD86,84 juta atau setara dengan Rp1,14 triliun.

‘MESIN UANG’ BERJULUK CR7

Menurut businessweek.com, tercatat ada sekitar 16 produk sponsor yang memilih pemain kelahiran 5 Februari 1985 ini sebagai model.

Nike – Produk pakaian dan sepatu
Perusahaan perlengkapan olahraga asal Amerika Serikat ini menggunakan jasa Ronaldo sejak bergabung dengan El Real untuk memakai sepatu dan kaus-kaus olahraganya. Setiap tahunnya, Nike harus mengeluarkan dana sebesar USD10 juta.

Clear – Produk rambut
Produk buatan Unilever ini masih terus mempertahankan Ronaldo sebagai model pembersih rambut sejak 2012 lalu. Media Forbes pernah menulis belum lama ini bahwa Clear, bersama produk pelumas Castrol serta bank asal Portugal, Banco Espirito, sudah mengeluarkan kocek ke Ronaldo hingga USD8 juta

PAO – Produk wajah
Ronaldo masuk dalam tayangan televisi Jepang untuk memamerkan produk peranti berbentuk baling-baling kecil yang berguna sebagai alat untuk kesehatan wajah. Shun Hing Life & Beauty sendiri berasal dari produsen PAO.

Emporio Armani – Produk pakaian dalam
Produk pakaian ternama ini juga memakai jasa mesin gol Real Madrid tersebut. Armani menggabungkan pesona ketampanan Ronaldo dengan kecantikan aktris dan model AS, Megan Fox.

TAG Heuer – Produk jam tangan
Produk jam tangan ternama TAG Heuer kepincut dengan pesona Cristiano Ronaldo dan langsung memakai jasa sang bintang.

Samsung dan Konami – Produk gadget dan game
Ronaldo juga dipercaya untuk menjadi bagian dari iklan produk terkenal asal Jepang, yaitu gadget Samsung dan video game Konami

KFC, Soccerade dan Herbalife – Produk makanan dan minuman
Untuk makanan dan minuman, Ronaldo dipakai jasanya oleh restoran siap saji ternama, Kentucky Fried Chicken (KFC). Sementara untuk minuman Soccerade, dan Herbalife yang menggunakan jasa sang bintang Real Madrid dan Portugal tersebut *sumber: businesswee/ BBC/Football Espana

NILAI HAK SIAR TERUS MELONJAK (dalam miliar pound)

Liga Inggris menjadi salah satu liga sepak bola yang memiliki perputaran uang paling besar dengan jumlah nominal hak siar sangat wah. Hebatnya dari tahun ke tahun, jumlah uang hak siar Liga Inggris terus melonjak.

EL REAL PALING TAJIR

Selain pemain, pendapatan besar dari bisnis sepak bola juga diterima klub-klub di dunia. Menurut data Deloitte’s Football Money League, Real Madrid mengalahkan klub raksasa Eropa lain dengan masih tercatat sebagai klub paling tajir di dunia dengan membukukan pendapatan hingga 549.5 juta euro.

1. REAL MADRID (Spanyol)
Pertandingan: 113,8
Iklan: 204,2
Hak Siar: 231,5

2. MAN UNITED (Inggris)
Pertandingan: 129,3
Iklan: 226,4
Hak Siar: 162,3

3. BAYERN MUNCHEN (Jerman)
Pertandingan: 88
Iklan: 291,8
Hak Siar: 107,7

4. BARCELONA (Spanyol)
Pertandingan: 116,8
Iklan: 185,7
Hak Siar: 182,1

5. PSG (Prancis)
Pertandingan: 63,1
Iklan: 327,7
Hak Siar: 83,4

Pendapatan klub tahun 2013-2014 naik 14% dari tahun sebelumnya
*Dalam Juta Euro

Info Grafis:Bobby Firmansyah, Syarif Hidayatullah, Foto-Foto: Istimewa
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3618 seconds (0.1#10.140)