38 Kepala Daerah Raih Government Award

Jum'at, 20 Maret 2015 - 09:02 WIB
38 Kepala Daerah Raih Government Award
38 Kepala Daerah Raih Government Award
A A A
JAKARTA - Sebanyak 38 kepala daerah baik tingkat provinsi, kota maupun kabupaten di Indonesia memperoleh penghargaan Sindo Weekly Government Award tahun ini. Penyerahan penghargaan digelar di Hotel Sultan Jakarta tadi malam.

Government Award 2015 adalah ajang penghargaan kepada daerah yang digelar oleh majalah Sindo Weekly untuk kedua kalinya. Kegiatan ini juga dalam rangka perayaan hari ulang tahun (HUT) ketiga majalah ini. CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) dalam sambutannya mengatakan, pemberian penghargaan ini sebagai apresiasi bagi kepala daerah yang memiliki prestasi baik dalam membawa kemajuan daerahnya.

Penghargaan ini sangatlah penting, karena adanya apresiasi kepala daerah dapat memberikan dampak. “Dampaknya antara lain menjadi inspirasi daerah lain yang belum memiliki kesempatan ini,” katanya. Daerah memiliki sumbangsih atas kemajuan Indonesia. Maka dari itu, menurut dia, Indonesia membutuhkan kepala daerah yang tangguh. “Jika kepala daerahnya baik, maka Indonesia dapat lebih baik lagi,” ujarnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Negara (PPN)/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago mengapresiasi diselenggarakannya acara penghargaan bagi daerah yang dinilai berprestasi. Dia pun tidak hanya mengucapkan selamat bagi para penerima penghargaan, tetapi juga kepada Sindo Weekly yang menginisiasi kegiatan ini.

“Saya datang dengan benturan acara yang penting karena rapat bersama presiden. Tapi saya izin meninggalkan rapat karena ingin menghadiri Sindo Weekly Government Award yang patut diapresiasi. Ini diizinkan Presiden. Artinya Presiden juga mengapresiasi,” ujar dia.

Andrinof menyatakan suksesnya pembangunan nasional setidaknya 50% ditentukan oleh pembangunan di daerah yang berkualitas. Jadi ketergantungan nasional kepada daerah adalah keniscayaan. “MNC Group ikut memantau kinerja pemda, itu suatu bukti perhatian tanggung jawab publik yang sangat besar. Karena dengan peranan pemantau dan pemberi apresiasi kita memperoleh energi tambahan. Dengan begitu kita akan menjadi bangsa yang menghargai karya pejabat publik kita,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD Irman Gusman. Dia juga mengapresiasi dengan diselenggarakannya penghargaan bagi daerah-daerah berprestasi. “Selamat dan sukses. Semoga dengan ini dapat mendorong agar pembangunan di daerah lebih baik dan maju,” katanya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Yuswandi A Tumenunggung menilai apa yang dilakukan Sindo Weekly merupakan upaya yang serius untuk melihat capaian dari daerah. Jika apa yang telah dicapai kemudian bisa direplikasikan untuk daerah lain, hal itu menjadi hal sangat baik. “Dari ini banyak hal yang kita dapat rekam terkait capaian di daerah-daerah,” ujar dia.

Salah satu penerima penghargaan, Gubernur NTB M Zainul Madji, mengapresiasi penyelenggaraan Government Award ini. Hal ini akan menambah semangat NTB untuk mempromosikan daerah wisatanya.

NTB memperoleh penghargaan dalam kategori pengembangan wisata. “Akan meningkatkan promosi destinasi wisata yang nantinya membawa Indonesia ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Dita angga
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5033 seconds (0.1#10.140)