Tabrakan Pesawat, KSAU Tegaskan Bertanggung Jawab Penuh

Selasa, 17 Maret 2015 - 06:12 WIB
Tabrakan Pesawat, KSAU Tegaskan Bertanggung Jawab Penuh
Tabrakan Pesawat, KSAU Tegaskan Bertanggung Jawab Penuh
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna mengatakan insiden tabrakan dua pesawat Tim Akrobatik Jupiter di Langkawi, Malaysia adalah tanggung jawabnya.

Dia menegaskan agar tidak ada pihak yang mencoba mencari-cari kesalahan atas insiden tersebut, sampai ada hasil penyelidikan.

"Sampai saat ini jangan mencari dulu kesalahan siapa. Sampai saat ini yang masih penuh bertanggung jawab atas masalah ini adalah saya, Kepala Staf Angkatan Udara," ujar Agus Supriatna di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin 16 Maret 2015 malam.

Menurut dia, hingga saat ini TNI AU pihaknya masih melakukan evaluasi dan penyelidikan penyebab tabrakan dua pesawat itu.

Sementara mengenai sarana prasarana maupun tempat peristirahatan para penerbang, kata dia, yang bertanggung jawab adalah pihak Malaysia. "Dalam pelaksaaan ini semuanya tanggung jawab adalah tim kita," tuturnya.

Mengenai kerugian materi akibat tabrakan tersebut, Agus mengaku tidak mengetahui.

Dia menambahkan, hingga saat ini pihaknya yang masih berada di Malaysia masih mengumpulkan bagian pesawat yang tabrakan itu.

Sementara empat pesawat Tim Akrobatik Jupiter lainnya sudah berada di Pekanbaru. Empat pesawat itu tidak mengalami kecelakaan.

Dua pesawat Tim Akrobatik Jupiter milik TNI AU mengalami kecelakaan saat gladi bersih, sebelum tampil di Langkawi International Maritime dan Aerospace 2015 (LIMA 15), Malaysia.

Keempat penerbang yang mengalami kecelakaan, yakni Marsekal Pertama TNI Yadi Indrayadi, Letnan Kolonel Arif Hartono, Mayor Penerbang Harjo dan Mayor penerbang Romas.

Mereka dalam keadaan selamat dan sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Langkawi. Peristiwa tabrakan itu terjadi sekira pukul 14.00 waktu setempat, Malaysia.

Para penerbang itu tiba di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada pukul 19.57 WIB bersama rombongan TNI AU. Mereka tiba di Tanah Air menggunakan pesawat TNI AU Boeing 737.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9075 seconds (0.1#10.140)