Mengagumkan, 14 Pesawat Tempur Bentuk Formasi 77 di Langit Jakarta

Minggu, 09 April 2023 - 14:47 WIB
loading...
Mengagumkan, 14 Pesawat Tempur Bentuk Formasi 77 di Langit Jakarta
Sebanyak 14 unit pesawat tempur membentuk formasi 77 dalam upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU di taxy way echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023). FOTO/MPI/WIDYA MICHELLA
A A A
JAKARTA - Sebanyak 14 unit pesawat tempur membentuk formasi 77 dalam upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU di taxy way echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023). Formasi tersebut terbentuk dari pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3, Skadron Udara 14, dan Skadron Udara 16 dengan callsign Foxtrot Flight.

Dikomandoi Leader Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Pandu Eka Prayoga, alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 2004, tampak pesawat tempur tersebut melintas di depan podium upacara secara dekat. "Formasi 77 ini terlukis indah langit Ibu kota pada Hari Ulang Tahun TNIAngkatan Udara," ujar narator dalam upacara.

Terakhir, menutup flypass demonstrasi udara, TNI AU mempersembahkan Thunder Flight yang membentuk Box Formation. Formasi itu terdiri dari 4 Pesawat Sukhoi 27/30 Skadron Udara 11.



Formasi tersebut diketuai oleh Flight Leader Komandan Skadron Udara 11, Letkol Pnb Setyo Budi Pulungan. Dia adalah Alumni Akademi Angkatan Udara 2004.

"Thunder Flight yang membentuk Box Formation akan melaksanakan manuver Bomb Burst atau manuver yang memencar ke segala arah bagaikan TNI AU yang siap menjaga Kedaulatan Dirgantara Indonesia di segala penjuru," katanya.

Pesawat itu datang dari depan podium. Saat melintas di atas podium upacara, Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri yang didampingi Ketua DPR Puan Maharani terlihat bertepuk tangan saat menyaksikan formasi tersebut.


Pada kesempatan itu, turut hadir Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, KSAL Laksamana Muhammad Ali, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)