Oklahoma Rancang Gedung Tornado

Senin, 16 Maret 2015 - 12:40 WIB
Oklahoma Rancang Gedung Tornado
Oklahoma Rancang Gedung Tornado
A A A
PERUSAHAAN konsultan arsitektur, Kinslow, Keith & Todd, mengajukan proposal untuk membangun gedung pencakar langit berbentuk seperti tornado, di Tulsa, kota terbesar kedua di Oklahoma, Amerika Serikat (AS).

Gedung itu akan mengingatkan warga kota itu tentang bencana tornado yang kerap menyapu wilayah Oklahoma dan daerah lainnya. Gedung unik itu nantinya memiliki restoran yang berputar di lantai paling atas. Pelanggan menikmati makanan dengan nuansa seperti sedang diterjang tornado.

Atmosfer di dalam restoran juga akan berkonsep seperti bencana tornado. “Gedung akan semakin menarik ketika duduk di restoran yang berputar seperti tornado,” ungkap ujar Andrew Kinslow, pendiri firma arsitektur Kinslow, Keith & Todd, kepada The Huffington Post. “Konsepnya, gedung itu memiliki restoran yang memiliki pemandangan mengarah ke Sungai Arkansas dan bukit Osage,” ungkap Kinslow.

Sayangnya, belum ada pihak yang tertarik untuk membangun gedung tornado itu, meskipun banyak investor yang tertarik dengan desain bangunan itu. Pihak konsultan arsitek kini melakukan pendekatan intensif dengan beberapa investor. Sedangkan, estimasi biaya yang diperlukan mencapai USD150 juta (Rp1,5 triliun). “Banyak uang dari minyak di Tulsa. Jika masyarakat menginginkan, gedung tornado itu bisa segera dibangun,” ujar Kinslow.

Nantinya, gedung tornado itu juga akan menjadi pusat penelitian dan museum cuaca Oklahoma. “Tak ada seorang pun yang memiliki (gedung berbentuk tornado),” ujar arsitek gedung tornado, Jim Boulware, dilansir Big News Network. Di dalam gedung itu juga terdapat pusat pelatihan badai.

Kemudian, Kerry Joels, konsultan museum yang pernah bekerja di NASA (Lembaga Antariksa AS), mengungkapkan bahwa gedung tornado itu sangat bagus. “Mereka akan berpikir gedung itu sebagai hal penting dalam kehidupan mereka,” ujar Joels.

Andika hendra m
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5838 seconds (0.1#10.140)