Gerindra Buka Peluang Koalisi dengan KIH

Minggu, 15 Maret 2015 - 10:42 WIB
Gerindra Buka Peluang Koalisi dengan KIH
Gerindra Buka Peluang Koalisi dengan KIH
A A A
JAKARTA - Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada Desember 2015, Partai Gerindra membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai politik (parpol) lain di luar dari Koalisi Merah Putih (KMP).

Dalam pencalonan gubernur, bupati/wali kota, bukan tidak mungkin Gerindra berkoalisi dengan parpol dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Hal ini terjadi karena realitas dan dinamika politik di pusat, baik provinsi maupun kabupaten/ kota berbeda dengan daerah.

”Sehingga ada kalanya bersama- sama dengan partai yang selama ini di KMP secara utuh, atau bisa saja ada beberapa pasangan( parpollain), ya kitalihat. Dinamika politik di daerah itu lebih fleksibel,” ujar Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon di Jakarta kemarin. Wakil Ketua DPR itu mengaku masih melakukan pemetaan untuk mengusung kader-kader terbaiknya di daerah. Namun, jika tidak ada calon yang kuat, Gerindra akan mencari calon terbaik yang bisa membangun daerahnya walaupun dari partai lain.

Dalam kondisi seperti itu koalisi dengan parpol dari KIH bisa terjadi. Untuk itu, Partai Gerindra segera membentuk badan seleksi pilkada. Badan ini akan menyaring semua bakal calon kepaladaerah, baikcalongubernur, calon bupati, maupun calon wali kota beserta wakil-wakilnya. Sementara itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mengerahkan petugasnya hingga tiap tempat pemungutan suara (TPS) pada pilkada serentak mendatang.

Hal ini untuk meminimalisasi kecurangan di TPS, termasuksaat pengisianformulir rekapan perhitungan suara (C1). ”Di pemilihan legislatif dan pemilihan presiden kan enggak ada itu. Ini adalah kemajuan bahwa di setiap TPS itu ada pengawas pemilu,” ujar Ketua Bawaslu, Muhammad di Jakarta, Jumat (13/3).

Sucipto/dian ramdhani
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4806 seconds (0.1#10.140)