Tak Efektif, Car Free Day Dipindah

Jum'at, 13 Maret 2015 - 10:45 WIB
Tak Efektif, Car Free Day Dipindah
Tak Efektif, Car Free Day Dipindah
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan car free day (CFD) di Jalan Suprapto, Cempaka Putih mulai Minggu (15/3) dipindah ke Jalan Suryopranoto, Gambir, Jakarta Pusat. Pemkot Jakarta Pusat memindahkan pelaksanaannya karena dinilai tidak efektif.

Pasalnya, kendaraan umum masih bisa melintas di tengahtengah kerumunan masyarakat saat CFD. Hal ini dikarenakan banyaknya akses di kanan dan kiri Jalan Suprapto. Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede mengatakan, tidak efektifnya CFD di Jalan Suprapto disebabkan terlalu banyak jalan tikus yang memudahkan kendaraan keluar-masuk ke area CFD, salah satunya Metromini T47 jurusan Senen-Pondok Kopi.

Angkutan umum ini keluar di samping Hotel Grand Cempaka untuk melanjutkan perjalanan menuju Terminal Senen. ”Makanya dipindah ke Jalan Suryopranoto, terlalu banyak jalan yang harus ditutup sehingga jalur CFD enggak steril,” ujarnya kemarin. Menurut dia, Jalan Suryopranoto jauh lebih baik daripada Jalan Suprapto. Di lokasi baru itu, jumlah jalan tikus hanya 22 jalur, sementara di Jalan Suprapto jalur tikus jumlahnya lebih dari 40 titik.

Jalur-jalur tersebut terhubungkan langsung dengan jalan utama tempat masyarakat berolahraga pada CFD. ”Kalau yang di Jalan Suryopranoto lebih mudah dikendalikan, karena jalur yang harus ditutup lebih sedikit,” katanya. Kasudin Perhubungan Jakarta Pusat Muslim mengungkapkan, waktu pelaksanaan CFD tetap dilakukan seperti biasa, yakni pukul 06.00-11.00 WIB.

Pihaknya akan menutup dan mengalihkan arus jalan agar pelaksanaan CFD lancar. ”Sepanjang 1,3 kilometer mulai dari Harmoni sampai perempatan Cideng Timur akan dilakukan penutupan jalan dan pengalihan arus,” ujarnya. Dia menjelaskan, arus kendaraan yang melintas dari Majapahit dan Jalan Veteran dipindah ke Jalan Hasyim Asyari,

begitu juga yang datang dari Kyai Caringin dan Jalan Cideng Barat dialihkan melalui Jalan Hasyim Asyari. ”Untuk rute trayek bus menuju Cimone yang melalui Jalan Tanah Abang I dialihkan ke Jalan Tanah Abang II dan seterusnya ke arah Jalan Cideng Timur atau Barat,” katanya.

Ridwansyah
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3662 seconds (0.1#10.140)