Penyu Belimbing Terberat di Dunia 230 Kg

Rabu, 11 Maret 2015 - 10:54 WIB
Penyu Belimbing Terberat di Dunia 230 Kg
Penyu Belimbing Terberat di Dunia 230 Kg
A A A
Penyu Belimbing yang terancam punah dengan berat 230 kg berhasil diselamatkan para petugas Akuarium South Carolina, Amerika Serikat (AS).

Penyu itu ditemukan setelah binatang raksasa itu ditemukan hidup dan terjebak di sebuah pantai terpencil. Jenna Cormany, seorang ahli biologi di Departemen Sumber Daya Alam Negara Bagian South Carolina, mengatakan, binatang itu merupakan penyu belimbing pertama yang hidup. “Penyu itu menjadi satusatunya penyu belimbing yang akan mendapat rehabilitasi di fasilitas milik AS,” kata Cormany dikutip Reuters.

Kelly Thorvalson, manajer Akuarium South Carolina di Charleston, tidak percaya mampu menemukan penyu raksasa itu. “Mereka sering kali tidak dapat hidup,” ucap Thorvalson. Otoritas margasatwa Negara Bagian South Carolina menemukan lokasi penyu raksasa itu pada Sabtu (7/3) lalu, di wilayah pantai Yawkey-South, sebuah pulau buatan dengan panjang 5,6 km. Pulau itu berisikan satwa liar yang dilestarikan pemerintah.

Cormany mengatakan, operasi penyelamatan penyu itu membutuhkan lima orang dan proses pemindahan memakan waktu selama empat jam. Untuk memindahkan ke Charleston, tim membutuhkan waktu selama 1,5 jam karena ukurannya yang terlalu besar.

“Secara logistik memang sulit. Penyu ini ditandu dengan sebuah papan dan kami mengerahkan seluruh kemampuan untuk mengangkatnya. Penyu terlihat lesu dan sakit,” ujar Cormany. Kondisi penyu yang kurang sehat itu diakibatkan dia telah memakan plastik yang dianggapnya seperti ubur-ubur.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, penyu belimbing itu merupakan penyu terbesar di dunia dan satu-satunya penyu tanpa tempurung keras. Jika dewasa, berat penyu itu mencapai hampir satu ton.

Arvin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7955 seconds (0.1#10.140)