Srikandi Indonesia di Panggung Bisnis Asia

Rabu, 04 Maret 2015 - 11:50 WIB
Srikandi Indonesia di Panggung Bisnis Asia
Srikandi Indonesia di Panggung Bisnis Asia
A A A
Tiga wanita pengusaha Indonesia masuk daftar 50 wanita pengusaha paling berpengaruh di Asia (50 Asia's Power Businesswomen) 2015 seperti dilansir Forbes, (26/2).

Tiga ‘Srikandi’Indonesia Anne Patricia Sutanto, Noni Purnomo, dan Wendy Sui Cheng Yap dinilai memiliki pengaruh kuat dalam jaringan bisnisnya.

1. Anne Patricia Sutanto (42)
Sebagai Vice President Director, Anne memegang peran penting di perusahaan garmen PT Pan Brothers Tbk. Perusahaan ini memproduksi garmen dengan merek Uniqlo, Rebook, dan Nike. Pendapatan perusahaan ini mencapai USD340 juta. Pan juga memiliki 14 pabrik di Indonesia, dan akan bertambah tiga lagi pada 2016. Lahir dari keluarga yang kaya raya, Anne bergabung dengan Pan Brothers pada 1997, setelah memiliki sedikit saham perusahaan ini. Selain itu, Anne juga memiliki usaha sendiri, yakni Homeware International, yang memproduksi furnitur dan aksesori rumah untuk ekspor.

2. Noni Purnomo (45)
Sebagai President Director Blue Bird Group Holding, Noni menghabiskan sebagian karier di perusahaan keluarganya tersebut. Perusahaan ini berdiri pada 1972 ketika Noni berusia tiga tahun. Bahkan saat masih belia, Noni selalu meluangkan waktu bersama para sopir.Tiga tahun lalu, perusahaan ini meraih dana USD230 juta melalui IPO salah satu anak usahanya, PT Blue Bird Tbk (BIRD).

3. Wendy Sui Cheng Yap (59)
President Director dan CEO PT Nippon Indosari Tbk ini sukses membuat perusahaannya menjadi produsen roti ala Jepang terbesar di Indonesia. Roti produksinya, Sari Roti, menguasai 90% pasar domestik. Pendapatan perusahaan ini ditargetkan mencapai USD147 juta. Sari Roti memiliki 10 pabrik di Indonesia dengan kapasitas produksi 4,2 juta roti per hari.

MEREKA LEBIH DULU MEMBUAT BANGGA

1. Sri Mulyani Indrawati
Wanita Indonesia pertama yang menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia sejak 1 Juni 2010. Sri Mulyani dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets, sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia Oktober 2007.

2. Christine Hakim
Christine Hakim merupakan aktris senior di dunia perfilman dan sudah membintangi 34 judul film baik di dalam maupun di luar negeri. Christine pernah menyabet 8 kali penghargaan di ajang Piala Citra, pernah mendapat penghargaan dari pemerintah Jepang, dan juga pernah di tunjuk PBB sebagai duta.

3. Susi Susanti
Atlet bulu tangkis wanita Indonesia pertama yang pernah menjuarai Olimpiade tahun 1992 di Barcelona. Selain itu prestasi membanggakan Susi adalah Juara All England, juara dunia 1993, membawa Indonesia menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996 dan juga masih banyak lagi penghargaan dari dalam dan luar negeri.

4. Agnes Monica
Agnes berhasil meraih penghargaan dua tahun berturut-turut atas penampilannya di ajang Asia Song Festival di Seoul, Korea Selatan, pada tahun 2008 dan 2009. Di album ketiganya, Sacredly Agnezious (2009), Agnes mulai terlibat sebagai produser dan penulis lagu. Pada tahun 2010, ia menjadi salah satu juri ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Agnes juga menjadi salah satu pemandu acara pada American Music Awards 2010 di Los Angeles, Amerika Serikat.

5. Anggun Cipta Sasmi
Tahun 1994, Anggun memutuskan meninggalkan Indonesia untuk mewujudkan impiannya menjadi artis bertaraf internasional. Tahun 1997, Anggun berhasil merilis album internasional pertamanya berjudul Snow on the Sahara di 33 negara, termasuk Amerika Serikat yang menjadi barometer musik internasional. Sejak saat itu Anggun telah menghasilkan lima album internasional yang direkam dalam multi-bahasa, terutama bahasa Inggris dan bahasa Perancis.

6. Griselda Sastrawinata
Seorang animator asal indonesia yang bekerja sebagai visual development artist (tim pengembangan animasi) di rumah produksi Dreamworks yang menghasilkan film-film animasi terkenal Shrek 4 dan film animasi lainnya seperti Madagascar,Kung Fu Panda & Bee movie.

7. Karen Agustiawan
Direktur Utama Pertamina tahun 2009-2014 Pada tahun 2011, Majalah Forbes memasukkan namanya sebagai wanita Indonesia pertama di dalam daftar "Asia's 50 Power Businesswomen".

20 WANITA PENGUSAHA PALING BERPENGARUH DI ASIA

-Gina Rinehart (61) (Australia) Executive Chairman Hancock Prospecting, kekayaannya turun USD5,4 miliar menjadi USD12,3 miliar.
- Katie Page (58) (Australia) CEO Harvey Norman.
- Cheng Xue (45), China Vice Chairman Foshan Haitian Flavoring and Food. Ia adalah perempuan terkaya di China dengan kekayaan USD820 juta.
- Dong Mingzhou (60), China Chairman dan Presiden Gree Electric Appliances.
- Kathy Xu (48), China Founder dan Presiden Capital Today
- Li Dang, China General Manager China General Technology.
- Lucy Peng (42), China Chief Executive Officer Ant Financial Service Group, Cofounder dan CPO Alibaba.
- Maggie Wu (46), China Chief Financial Officer Alibaba.
- Sun Yufang (58), China Chairman Huawei Technologies.
- Wang Laichun (48), China Cofiounder dan Chairman Luxshare Precision Industry.
- Pensy Ho (52), Hong Kong Managing Director Shun Tak Holdings, Cochairman MGM China. - Rose Lee Wai Mun (62), Hong Kong Vice Chairman dan Chief Executive Hang Seng Bank.
- Solina Chau H. Shuen (53), Hong Kong Cofounder Horizons Ventures, Director Li Ka Shing Foundation.
- Sonia Cheng (34), Hong Kong CEO Resewood Hotel Gorup, Executive Director New World Development.
- ivian Cheng (56), Hong Kong Chairman dan Managing Director Nan Fung Group.
- Akhila Srinivasan, India Managing Director Shriram Life Insurarance, Nonexecutive Director Shriram Capital.
- Arundhati Bhattacharya (58), India Chairman State Bank of India.
- Chanda Kochhar (53), India Managing Director and CEO ICICI Bank.
- Kiran Mazumdar Shaw (61), India Founder, Chairman, and Managing Director Biocon.
- Shika Sharma (56), India Managing Director and CEO Axis Bank.

Foto-Foto: Istimewa/Grafis: Budhi Christianto
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5514 seconds (0.1#10.140)