Tanggap Bencana, Perindo Gelar Water Rescue

Sabtu, 28 Februari 2015 - 11:02 WIB
Tanggap Bencana, Perindo Gelar Water Rescue
Tanggap Bencana, Perindo Gelar Water Rescue
A A A
JAKARTA - Rescue Perindo menggelar pelatihan water rescue di Setu Babakan, Jakarta Selatan, kemarin.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta ini difokuskan untuk pelatihan dalam penyelamatan di air. Ketua Umum Rescue DPP Perindo Denny Adin mengatakan, kegiatan water rescue ini diadakan secara berkala. “Ini baru dasar dan saat ini memang untuk penyelamatan di air terlebih dahulu,” katanya kemarin.

Menurutnya, dengan umur Rescue Perindo yang baru dua tahun masih membutuhkan banyak pelatihan. Saat ini yang mengikuti pelatihan dari semua DPW di antaranya Papua Barat, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Adin melanjutkan, setelah water rescue selanjutnya digelar pelatihan jungle rescue dan lainnya.

Pemilihan water rescue sebagai kegiatan pertama karena saat ini banyak bencana di Indonesia yang disebabkan air. Namun, pihaknya tidak menampik seandainya harus melakukan penyelamatan di medan lain. “Kita harus siap. Pelatihan ini untuk memantapkan tim kami dalam penyelamatan di air,” katanya.

Pelatihan dilakukan selama dua hari yakni kemarin dan hari ini. Hari pertama pelatihan adalah pemberian teori. “Sabtu (hari ini) baru praktik di lapangan,” imbuhnya. Peserta yang ikut dalam pelatihan ini diharapkan dapat menyalurkan keahliannya untuk anggota lain di daerah. “Jadi nanti diharapkan bisa berkesinambungan sehingga sukarelawan yang di daerah juga memiliki keahlian ini,” ungkapnya.

Joko Ardi dari Relawan Indonesia untuk Kemanusiaan menjelaskan, pelatihan tahap dasar water rescue yaitu pengenalan korban bencana di permukaan air. Kerja sama Relawan Indonesia untuk Kemanusiaan dengan Rescue Perindo ini kedua kalinya dilakukan. Joko pun berharap ada nota kesepahaman bagi pihaknya dan Rescue Perindo.

“Kami Relawan Indonesia bekerja sama dengan seluruh pihak. Pelatihannya adalah klasifikasi medium dan standar internasional,” sebutnya.

Helmi syarif
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5845 seconds (0.1#10.140)