Hatta Rajasa Diprediksi Ungguli Zulkifli Hasan

Kamis, 26 Februari 2015 - 13:25 WIB
Hatta Rajasa Diprediksi Ungguli Zulkifli Hasan
Hatta Rajasa Diprediksi Ungguli Zulkifli Hasan
A A A
JAKARTA - Calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) dari incumbent, Hatta Rajasa diprediksi mengungguli rivalnya Zulkifli Hasan dalam suksesi kepemimpinan di Kongres PAN yang akan digelar 28 Februari mendatang.

Sensus yang dilakukan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada semua Ketua PAN di tingkat provinsi dan kabupaten atau kota mengungkap keunggulan Hatta Rajasa tersebut.

Peneliti Departemen Politik CSIS Arya Fernandes memaparkan, sensus yang dilakukan CSIS menunjukkan sebesar 42,77 persen ketua PAN di tingkat kabupaten atau kota mendukung Hatta Rajasa melanjutkan kepemimpinannya di PAN.

Sementara, hanya 38,64 persen ketua PAN di tingkat kabupaten atau kota yang mendukung Zulkifli Hasan.

"Suara lainnya terpecah untuk Dradjad Wibowo sebanyak 2,27 persen, Taufik Kurniawan sebesar 0,62 persen, dan Viva Yoga Mauladi sejumlah 0,41 persen," kata Arya di Pakarti Center, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (26/2/2015).

Sementara itu, dukungan untuk Hatta dan Zulkifli dari Ketua PAN di tingkat provinsi masih berimbang. Hatta dan Zulkifli masing-masing mendapat dukungan dari 38,24 persen Ketua PAN di tingkat provinsi, sedangkan responden lain tak memberikan jawaban.

"Dukungan sementara, Pak Hatta masih di atas angin setidaknya sampai saat wawancara dilakukan. Masih ada waktu menuju kongres, data ini bisa tetap dan bisa berubah," ucap Arya.

Dalam sensus ini, CSIS menggandeng Cyrus Network untuk mewawancarai Ketua PAN di 28 provinsi dan di 484 kabupaten atau kota. Sensus dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 16-19 Februari 2015 dengan melibatkan 500 peneliti.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2935 seconds (0.1#10.140)