Michael Rogers: Korut Dalang Serangan Cyber

Sabtu, 21 Februari 2015 - 11:37 WIB
Michael Rogers: Korut Dalang Serangan Cyber
Michael Rogers: Korut Dalang Serangan Cyber
A A A
OTTAWA - Direktur Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat (AS) Michael Rogers mengaku menemukan bukti bahwa Korea Utara (Korut) sebagai pihak yang mendalangi serangan cyber terhadap Sony Pictures Entertainment.

Setelah menganalisis perangkat lunak yang digunakan Sony Pictures, Rogers menjelaskan bahwa penyidik menemukan adanya aktivitas mencurigakan yang dilakukan Korut. Rogers menegaskan bahwa Korut adalah sumber serangan cyber yang diterima Sony Pictures pada November 2014 silam hingga data-data perusahaan tersebar ke publik.

Menurut Rogers, penemuan tersebut merupakan bagian dari upaya NSA untuk mengembangkan perangkat lunak yang dirancang untuk melawan serangan cyber . ”Kami akhirnya berhasil mengenali aktivitas serangan cyber itu ketika malware (kode jahat) meninggalkan Korut sampai ke markas Sony di California,” terang Rogers, dilansir Channel News Asia.

Penemuan ini pun membuktikan bahwa pernyataan AS yang diwakili FBI sebelumnya bukan fitnah tak berdasar. FBI sempat menyampaikan bahwa pihaknya sudah menemukanbukti- buktiyangmenunjukkan Korut sebagai pelaku serangan cyber, namun bukti tersebut tidak disiarkan ke publik hingga membuat Korut berpikir bahwa FBI hanya mengadaada dan menuduh tanpa bukti.

Ketika FBI gagal memberikan bukti, Rogers pun menjadi penyelamat wajah AS dengan temuannya itu. Kehebatan Rogers memimpin AS tidak lepas dari pengalamannya bersama staf gabungan militer yang dia jalani selama 2003, yakni saat invasi AS ke Irak, di mana saat itu Rogers mengkhususkan dirinya dalam penanganan serangan jaringan komputer.

Berkat kecerdasannya, pada 2007 Rogers pun ditunjuk menjadi direktur intelijen untuk Komando Pasifik Militer dan pada 2009 menjadi direktur intelijen untuk Kepala Staf Gabungan. Pada Januari 2014 pemerintahan Barack Obama mengumumkan Rogers menjadi nominasi direktur Badan Keamanan Nasional dan Komandan Unit Serangan Operasi Cyber di Departemen Pertahanan.

Rogers menggantikan kursi Jenderal Keith Alexander B yang menjabat sebagai direktur NSA selama sembilan tahun. Selama berkarier di dunia militer, alumnus Naval War College ini banyak menerima medali bergengsi seperti tiga medali Defense Superior Service, tiga medali Meritorious Service, Service Commendation Medal, Navy Commendation Medal, empat penghargaan Meritorious Unit Award, the Navy Unit Commendation, dan empat penghargaan Navy Expedition a r y Medal.

Rini agustina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7771 seconds (0.1#10.140)