IBM Kembangkan Cloud Computing

Kamis, 19 Februari 2015 - 09:50 WIB
IBM Kembangkan Cloud Computing
IBM Kembangkan Cloud Computing
A A A
JAKARTA - Perusahaan teknologi informasi, IBM Indonesia, saat ini tengah gencar mengembangkan teknologi komputasi awan atau cloud computing. Teknologi tersebut dinilai memiliki pasar cukup besar seiring terus tumbuhnya penetrasi internet di Tanah Air.

CEO IBM Indonesia Gunawan Susanto mengatakan, IBM saat ini beralih ke teknologi cloud computing untuk mendukung produktivitas perusahaan. Dia juga meyakini dalam tiga tahun ke depan pasar komputasi awan akan semakin besar. “Selain itu kita juga melihat bahwa tren ke depannya untuk ke mobility dan social media engagement.

Di situ juga kita kembangkan bagaimana teknologi tersebut bisa di terapkan oleh perusahaan, sehingga mereka dapat menggunakan teknologi ini ke arah yang lebih produktif,” ujar dia di sela-sela acara sharing session di Auditorium Gedung SINDO, Jakarta, kemarin. Cloud computingmerupakan teknologi penyimpanan data berbasis internet yang mulai berkembang sejak hampir satu dekade terakhir.

Teknologi ini diyakini dapat membuat penyimpanan data lebih efisien karena penggunanya tidak lagi memerlukan media penyimpanan secara fisik. Menurut Gunawan, dengan adanya komputasi awan, perusahaan dapat menyimpan data di server secara terpusat. Keunggulan lainnya yakni teknologi tersebut dapat dikonfigurasi secara instan tanpa harus mengeluarkan dana lebih sehingga lebih efisien. ”Keunggulan kami di situ.

Jadi ketika ada teknologi core terbaru dan perusahaan ingin menggunakan teknologi tersebut, mereka dengan mudahnya dapat meng-upgrade sesuai dengan kebutuhan perusahaan tanpa harus membayar penalti,” imbuhnya. Selain itu, ujar dia, perusahaan juga tidak perlu repot untuk menyediakan infrastruktur seperti pusat data dan media penyimpanan karena semua telah tersedia secara virtual.

Berbeda dengan sistem penyimpanan tradisional yang membutuhkan media penyimpanan khusus. “Kalau dengan model cloud, investasi kita bisa dibilang kecil, tapi apabila nanti pada saat internet booming, kita meningkatkan kala penyimpanan dengan cepat. Nah, keuntungannya cloud di situ,” katanya.

Dia juga melihat saat ini tren aplikasi internet tidak hanya dimanfaatkan untuk bermain game atau untuk mencari informasi saja, tetapi juga sudah bisa digunakan untuk membantu mengembangkan produktivitas perusahaan. “Kami di IBM melihat tren ke depannya akan ke arah sana seperti berkembangnya e-commerce,” ungkapnya. Menurut Gunawan, saat ini masyarakat sudah mengenal dengan baik e-commerce.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, IBM juga turut mendukung para pelaku usaha ritel untuk bertransformasi ke bisnis berbasis internet. “Sehingga mereka bisa menggunakan teknologi cloudnya kita untuk investasinya lebih murah,” papar pria kelahiran Jakarta 19 Mei 1979 itu. Adapun sektor industri yang diperkirakan menggunakan komputasi awan lebih cepat antara lain perbankan, telekomunikasi, ritel, dan distribusi.

“Teknologi ini penting karena akan mendukung untuk kebutuhan berinovasi,” ujarnya. Sementara itu, dalam acara sharing session yang digagas KORAN SINDOkemarin, Gunawan berbagi tips agar bisa menjadi sukses dalam berkarier. Menurutnya, sukses adalah bagaimana seseorang dapat mencapai suatu tujuan, dan tahu bagaimana cara bisa mencapai tujuan tersebut.

Arsy ani s
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7842 seconds (0.1#10.140)