Seleksi Berbeda Tak Pengaruhi Uang Kuliah

Selasa, 17 Februari 2015 - 13:39 WIB
Seleksi Berbeda Tak Pengaruhi Uang Kuliah
Seleksi Berbeda Tak Pengaruhi Uang Kuliah
A A A
JAKARTA - Meski ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, uang kuliah tidak akan berbeda. Pasalnya, perguruan tinggi negeri telah menerapkan uang kuliah tunggal (UKT).

Pernyataan ini disampaikan pengelola penerimaan mahasiswa baru di UI, Unpad, UGM, Unair, UNS, dan ITS. Ketua Panitia Seleksi Masuk Unpad Denie Heriyadi mengatakan, meski pemerintah membolehkan ada tiga seleksi masuk yakni seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama (SBMPTN), dan ujian mandiri, namun Unpad hanya akan membuka SNMPTN dan SBMPTN.

Keduanya memiliki persentase 50%-50% kuota mahasiswa baru yang akan diterima. “Kami sama sekali tak membuka jalur mandiri. Bagi siswa yang masuk dari SNMPTN dan SBMPTN, uang kuliahnya disamakan melalui UKT,” katanya seusai seminar PTN dan Pertemuan Orang Tua Siswa Bimbingan Tes Alumni (BTA) Group di Jakarta kemarin.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru UI Emil Budianto menjelaskan, UI memakai tiga jalur penerimaan yakni dengan membuka Seleksi Masuk UI (Simak UI) pada seleksi terakhir. Simak UI sendiri, ujarnya, juga tidak akan membebani mahasiswanya dengan biaya kuliah tinggi karena memakai UKT. UKT terendah di kampus yang berada di Depok dan Salemba ini ialah Rp500.000. Emil menjelaskan, kuota SNMPTN di UI mencapai 50%, SBMPTN 30%, dan Simak UI 20%.

Neneng zubaidah
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2216 seconds (0.1#10.140)