PKS Matangkan Agenda Pemilu Raya

Minggu, 15 Februari 2015 - 09:53 WIB
PKS Matangkan Agenda...
PKS Matangkan Agenda Pemilu Raya
A A A
JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) termasuk salah satu partai yang akan melakukan pemilihan pimpinan tahun ini.

Saat ini PKS tengah mempersiapkan pembentukan badan penyelenggara Pemilihan Raya (Pemira) Majelis Syuro yang nantinya akan memilih sekaligus menentukan siapa presiden partai tersebut. Nama Presiden PKS Anis Matta menguat untuk terpilih kembali. Juru bicara PKS Mardani Ali Sera mengatakan saat ini dilakukan sosialisasi bagi 1.200 calon anggota Majelis Syuro. Nanti sebanyak 99 orang akan dipilih menjadi anggota Majelis Syuro.

Selanjutnya, pada Maret, Pemira Majelis Syuro digelar. Seluruh anggota Majelis Syuro yang berjumlah 99 akan memilih ketua Majelis Syuro. Kemudian, ketua Majelis Syuro yang terpilih akan memilih ketua Dewan Pimpinan Partai (DPP), ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP), dan ketua Dewan Syariah Pusat (DSP) dan kabinet,” jelasnya. Mardani tidak memungkiri jika nama Presiden PKS Anis Matta menjadi calon terkuat untuk kembali menduduki jabatan sebagai presiden partai untuk kedua kalinya.

”Peluangnya demikian,” kata Mardani kemarin. Senada, mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring mengaku, pembentukan Majelis Syuro masih dalam sosialisasi ke pengurus di daerah-daerah. Mereka dipilih sebagai perwakilan dari beberapa daerah di seluruh Indonesia berdasarkan jumlah kader di provinsi tersebut. ”Ada yang dua, ada yang satu, dan tiga orang. Paling banyak kuota Jawa Barat karena paling banyak kader di daerah tersebut,” jelasnya.

Menurut Tifatul, pemilihan ketua Majelis Syuro dan presiden partai sebenarnya berada pada pemira nanti, sedangkan munas April mendatang hanya sebagai sarana sosialisasi kepada para kader. ”Pemilihan sebetulnya terjadi di Majelis Syuro, untuk ketua Majelis Syuro, untuk presiden partai di situ. Munas hanya launching saja, untuk mengumumkan ke seluruh struktur dan publik,” kata Tifatul.

Anggota Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid membantah kabar bahwa dia termasuk yang berpeluang terpilih menjadi presiden partai. ”Silakan saja (pembentukan badan penyelenggara), tapi tidak benar kalau saya calon, apalagi kuat untuk presiden PKS,” katanya kemarin.

Sucipto
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1117 seconds (0.1#10.140)