Kerja Sama Proton-Perusahaan Hendropriyono Dikritik

Sabtu, 07 Februari 2015 - 16:35 WIB
Kerja Sama Proton-Perusahaan Hendropriyono Dikritik
Kerja Sama Proton-Perusahaan Hendropriyono Dikritik
A A A
JAKARTA - Nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara perusahaan otomotif Malaysia, Proton Holdings Berhad dan PT Adiperkasa Citra Lestari dalam pengembangan mobil nasional dikritik.

PT Adiperkasa Citra Lestari adalah perusahaan milik AM Hendropriyono. Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) yang selama ini dikenal sebagai pendukung Jokowi.

Penandatanganan kerja sama kedua pihak itu disaksikan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak

"Yang jadi persoalan adalah kerjasama MoU ini justru dengan Proton. Proton aja kan pengembangan dari Honda. Tapi kita kemudian kerja sama dengan Proton," tutur Direktur Pusat Studi Islam dan Pancasila (PSIP) FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Ma'mun Murod Al Barbasy di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/2/2015).

Dia mengaku tidak habis pikir dengan kerja sama itu. Apalagi dihadiri langsung Presiden Jokowi yang sebelumnya bertekad untuk mengembangkan mobil Esemka.

"Kenapa kemudian tidak mengembangkan mobil Esemka yang dulu jadi alat kampanye Jokowi? Atau prototipe-prototipe mobil nasional lain yang muncul di banyak daerah, atau Bogor, Malang, itu kan muncul. Kenapa bukan itu yang kemudian dikembangkan. Kenapa justru kemudian dengan Malaysia ? Malaysia itu kan negara baru kemarin," tutur pengurus Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) ini.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6905 seconds (0.1#10.140)