Hasto Disarankan Ungkap Bukti Tudingan Lobi Politik Abraham Samad

Kamis, 29 Januari 2015 - 03:28 WIB
Hasto Disarankan Ungkap Bukti Tudingan Lobi Politik Abraham Samad
Hasto Disarankan Ungkap Bukti Tudingan Lobi Politik Abraham Samad
A A A
JAKARTA - Dugaan adanya lobi politik yang dilakukan Ketua KPK Abraham Samad sebagaimana diungkap Plt Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto harus segera dibuktikan benar atau tidaknya.

Karenanya, jika punya keyakinan benar maka Hasto disarankan segera mengungkap bukti-bukti agar bisa ditindaklanjuti Dewan Etik KPK.

"Menurut saya, Hasto ungkap saja buktinya segera karena Dewan Etik KPK tampaknya tidak kunjung bergerak," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, di Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Belum bergeraknya Dewan Etik KPK, kata Qodari, mungkin saja karena masih menunggu bukti jelas terlebih dahulu.

Karenanya, penting bagi Hasto yang sudah mengungkap berbagai pertemuan politik pimpinan KPK itu untuk menyertainya dengan bukti-bukti.

Apalagi, kata Qodari, dalam konferensi pers Hasto juga menyatakan punya bukti. Bahkan kalau perlu Hasto juga harus siap diperiksa pakai lie detector.

Apakah Hasto dalam mengungkap bukti itu harus menunggu suasananya dingin karena saat ini dinamikanya sedang panas terkait hubungan KPK vs Polri, Qodari berpendapat tidak perlu.

"Tidak perlu. Konteksnya bukan panas dingin KPK vs Polri, tapi soal kinerja individu pimpinan lembaga publik," tukasnya.

Jika kemudian Hasto sudah menyampaikan bukti-bukti, maka penyelesaian ada di Dewan Etik KPK untuk membuktikan sejauhmana kebenaran yang diungkap Hasto dengan bukti-buktinya.

"Kalau sudah ada bukti tapi Dewan Etik-nya tidak bergerak, opini publik malah akan melawan KPK," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5547 seconds (0.1#10.140)