Dituntut Mundur dari Kursi Presiden

Selasa, 20 Januari 2015 - 13:50 WIB
Dituntut Mundur dari Kursi Presiden
Dituntut Mundur dari Kursi Presiden
A A A
PORT AU PRINCE - Di tengah krisis kepemimpinan di negerinya, Presiden Haiti Michel Martelly membuat keputusan mengejutkan. Dia mengangkat Evans Paul dari partai oposisi sebagai perdana menteri (PM) baru.

Keputusan sepihak itu disinyalir sebagai upaya Martelly mengontrol pemilihan presiden (pilpres) yang belum ditentukan waktunya. Padahal sebelumnya dia sudah berjanji akan berkonsultasi dengan 10 senator perihal pengangkatan PM baru selepas PM Laurent Lamothe mengundurkan diri bulan lalu. Faktanya Martelly tak memenuhi komitmennya dengan memilih PM tanpa persetujuan parlemen.

Masa jabatan Martelly pun sudah berakhir sejak 12 Januari lalu, tapi hingga kini dia belum memutuskan kapan pilpres akan kembali diadakan. Sikap Martelly yang dianggap otoriter ini memancing kemarahan kubu oposisi dan menuntut Martelly untuk segera mundur. Menanggapi hal itu, Matelly membentuk pemerintahan konsensus. Presiden berusia 53 tahun ini menjanjikan tokoh-tokoh penting oposisi akan mendapatkan kursi dalam kabinet baru.

“Tidak ada negara yang berhasil mewujudkan pembangunan tanpa persatuan dan masyarakat yang setia serta kuat di dalamnya. Misi utama saya saat ini adalah mempersiapkan p e m i l u yang demokratis dan inklusif,” ujar Martelly seperti dilansir BBC. Michel Martelly Joseph yang lahir pada 12 Februari 1961 ini adalah politikus Haiti yang juga seorang mantan musisi dan pengusaha.

Ketertarikannya pada dunia politik sudah diatunjukkan semenjak masih menjadi musisi. Ayah empat ini pernah beberapa kali menciptakan lagu yang berisi tentang kritiknya kepada Pemerintah Haiti. Presiden yang pandai bernyanyi dan bermain keyboard ini juga aktif dalam kegiatan sosial, salah satunya pada 1997ketika ia berkampanye tentang pencegahan penyebaran HIV. Pada tahun yang sama dia dipilih menjadi duta good will Haiti untukperlindungan lingkungan.

Rini agustina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5052 seconds (0.1#10.140)