Jalinsum Pantai Barat Dibangun Tahun Ini

Sabtu, 17 Januari 2015 - 14:26 WIB
Jalinsum Pantai Barat Dibangun Tahun Ini
Jalinsum Pantai Barat Dibangun Tahun Ini
A A A
TAPANULI SELATAN - Ruas Jalan Lintas Umum (Jalinsum) di Batu Jomba, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Pantai Barat Sumatera Utara (Sumut), segera dibangun tahun ini.

Pembangunan kedua ruas jalan nasional itu diharapkan bisa menjawab persoalan transportasi di kawasan itu sekaligus harapan baru bagi masyarakat. Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) telah meninjau dua ruas Jalinsum itu, kemarin. Kepala Seksi Perencanaan Kementerian PU Pera Marsudi menuturkan, pemerintah pusat sudah menyediakan dana untuk pembangunan jalan sepanjang 1 kilometer (km) di Jalinsum Batu Jomba, Kecamatan Sipirok.

Sementara untuk Jalinsum Pantai Barat sepanjang 28 km dari Rianiate-Batumundom-Tabuyung meliputi wilayah Kecamatan Angkola Sangkunur, Tapsel, dan Kecamatan Muara Batang Gadis, Madina. “Khusus untuk Batu Jomba, dana yang akan disediakan Rp20 miliar sedangkan untuk Pantai Barat Sumut Rp77 miliar,” ungkap Marsudi kepada wartawan ketika ditemui di Batu Jomba, Jumat (16/1).

Dia menjelaskan, jalan hotmix yang dibangun ini sebagian besar menuju Danau Siais di Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur. Pembangunan jalan itu diharapkan akan mendorong objek wisata alam tersebut semakin berkembang. Sementara pembangunan Jalinsum Pantai Barat dimulai dari dua titik, yakni di Tapsel dari Jembatan Sungai Aek Sangkunur dan di Madina mulai dari Desa Tabuyung dengan panjang masingmasing 14 km.

Secara simultan pembangunan jalan tersebut bertemu di tengah atau perbatasan kedua daerah. “Peninjauan kedua Jalinsum ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dengan Direktur Bina Pelaksana Wilayah 1 Dirjen Bina Marga Kementerian PU Pera Wijaya Seta beberapa waktu lalu di Jakarta,” ujarnya.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya Kementerian PU Pera yang tahun ini banyak mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan nasional di wilayah Kabupaten Tapsel. Terkait pembangunan Jalinsum Pantai Barat di ruas Rianiate-Batumundom, Tabuyung, dia meminta dukungan seluruh masyarakat di Kecamatan Angkola Sangkunur dan para pemilik tanah di sepanjang ruas itu.

“Kepada semua masyarakat, saya minta partisipasi bantuan dan dukungan untuk kesuksesan pembangunan ini. Tolong ikhlaskan apabila ada sedikit tanah yang terpakai untuk pembangunan ini,” ujarnya.

Zia ul haq nasution
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7947 seconds (0.1#10.140)