PAN Disarankan Munculkan Caketum Lain

Rabu, 14 Januari 2015 - 02:06 WIB
PAN Disarankan Munculkan Caketum Lain
PAN Disarankan Munculkan Caketum Lain
A A A
JAKARTA - Dalam kompetisi pemilihan calon ketua umum (Caketum) pada Kongres PAN mendatang, hanya muncul dua calon yakni petahana Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. Demi mencegah kebuntuan di internal PAN kelak, hendaknya PAN memunculkan calon lainnya.

"Sejak awal saya sampaikan bahwa PAN jangan hanya tergantung kepada dua kandidat itu (Hatta dan Zulkifli), dan (arahnya) mengerucut pada Zulkifli. Karena PAN memiliki kader-kader potensial lain," kata Direktur Eksekutif PolcoMM Institute Heri Budianto ketika dihubungi wartawan, Selasa (13/1/2015).

Heri berpendapat, ada pertimbangan lain dalam memilih ketua umum PAN seperti misalnya, calon ketua umum yang tidak berurusan dengan penegak hukum manapun, walaupun hanya disebut namanya. Karena, masa depan PAN lima tahun ke depan yang akan dipertaruhkan.

"Sebab kita belum tahu, jangan sampai kasus Budi Gunawan (calon tunggal Kapolri) ditetapkan tersangka oleh KPK terjadi di PAN," jelas pakar Komunikasi Politik Universitas Mercu Buana itu.

Heri menegaskan, sejak awal dirinya menyarankan agar PAN semestinya membuka ruang bagi kader-kader PAN lain, sehingga calon ketua umum PAN akan lebih variatif dan berwarna.

"Kalau hanya dua calon saja pilihannya terbatas dan rawan kebuntuan," imbuhnya.

Menurutnya, biarlah dinamika di internal PAN berjalan sebagaimana dinamika demokrasi. Karena, sepanjang PAN masih mendengar petuah Ketua MPP PAN Amien Rais, maka PAN tidak akan pecah.

Lebih jauh, Heri menerangkan kriteria calon ketua umum untuk PAN. Menurutnya, calon tersebut harus memiliki leadership, memiliki track record yang baik, telah teruji di PAN, dikenal pengurus wilayah PAN seluruh indonesia, dan juga dikenal publik.

"Banyak kader PAN yang menjadi kepala daerah dan mantan pejabat negara," tutup Heri.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5871 seconds (0.1#10.140)