Tradisi Perayaan Tahun Baru di Jerman

Sabtu, 03 Januari 2015 - 14:27 WIB
Tradisi Perayaan Tahun Baru di Jerman
Tradisi Perayaan Tahun Baru di Jerman
A A A
Karena menetap setahun di Jerman, otomatis saya tidak dapat merayakan tahun baru bersama teman ataupun keluarga terdekat seperti biasa. Saya pun mengahabis kan malam menjelang pergantian tahun bersama guest family disini.

Guest family saya merencanakan pesta menuju pergantian tahun dengan mengundang teman ke sebuah villa yang terletak di dataran tinggi yang berbatasan langsung dengan Austria. Sama seperti di Indonesia, perayaan tahun baru dilewatkan dengan kumpul-kumpul bersama teman atau keluarga. Orang Jerman biasanya mengadakan pesta pribadi di rumah atau pergi ke luar rumah.

Berlin merupakan salah satu kota tujuan wisata tahun baru di Eropa yang terkenal dengan kemeriahan pesta kembang api di Brandenburger Tor. Karena guest family saya memilih tahun baruan bersama teman dan keluarga, maka saya membantu mendekorasi rumah dengan hiasan tahun baru. Di halaman rumah yang tertutup salju tebal itu mereka membuat meja kecil dari gundukan salju sebagai tempat diletakannya minuman.

Saya mengganjal perut dengan sosis dan roti, karena kami akan pergi sebentar menuju sebuah cafe terbuka yang khusus dibuat untuk pergantian malam tahun baru. Di cafe terbuka itu suasana sudah mulai meriah dengan musik kencang. Saya dan beberapa orang dewasa lainnya membantu anak-anak menyalakan petasan dan kembang api. Setelah merasakan kemeriahan diluar, kami kembali ke rumah pukul sepuluh malam untuk melanjutkan pesta pribadi.

Kami mengobrol di halaman rumah sambil mendengarkan musik kencang, menyalakan kembang api dan petasan, serta berbagai kebisingan lainnya. Kemudian para lelaki memanggang steak dan para perempuan membantu mempersiapkan salat untuk makan malam. Makan malam disantap menuju tengah malam.

Menurut tradisi, makanan disisakan dan disantap sesaat sebelum hingga lewat tengah malam, yang menandakan kemewahan di tahun yang akan datang. Sebenarnya terdapat beberapa makanan tradisi tahun baru di Jerman, namun karena banyaknya tamu, mereka lebih memilih menyediakan steak yang lebih praktis. Menu makan malam khas tahun baru di Jerman diantaranya Fondue dan Raclette.

Fondue terdiri dari potongan daging yang dimasak dalam minyak panas atau kaldu di meja dan dicelup ke berbagai macam saus, dinikmati dengan roti bagguette dan salad. Sedangkan Raclette yang sebenarnya adalah makanan khas Swiss ini, merupakan daging ham, keju, dan sayur yang dioven lalu dinikmati dengan kentang rebus atau acar.

Terdapat pula tradisi Berliner, dimana donat isi selai salah satunya diisi dengan isian aneh, misalnya mustard, yang menandakan kesialan bagi yang kebagian. Selain itu juga terdapat marzipan berbentuk daun semanggi dan babi yang dipercaya membawa keberuntungan. Ada pula ramalan dengan menuangkan timah yang dipanaskan ke dalam air yang disebut Bleigieben.

Tepat pukul 12 malam, saya menikmati pesta kembang api meriah yang dinyalakan oleh salah seorang tamu dan terdengar pula suara lonceng gereja yang menambah meriah malam pergantian tahun. Salah seorang tamu memberitahu saya bahwa tradisi ini dilakukan untuk mengusir hantu jahat dan kesialan sehingga selalu diikuti keberuntungan di tahun yang akan datang.

Putri dinasty
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5165 seconds (0.1#10.140)