Kunjungan ke Yogya Naik hingga 50%

Selasa, 30 Desember 2014 - 09:40 WIB
Kunjungan ke Yogya Naik hingga 50%
Kunjungan ke Yogya Naik hingga 50%
A A A
YOGYAKARTA - Menjelang Tahun Baru lonjakan wisatawan yang mendatangi Yogyakarta naik hingga 50%. Libur panjang mulai dari Natal hingga Tahun Baru 2015 membuat kunjungan wisatawan di Yogyakarta melonjak.

Ketua Association the Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) DIY Edwin Ismedi Himna mengatakan, lonjakan wisatawan pada libur akhir tahun ini melonjak hingga 50% dibandingkan tahun lalu. Hal ini terlihat dari okupansi hotel-hotel di Yogyakarta yang seluruhnya hampir 100%.

“Saat liburan akhir tahun bisa dibilang wisatawan mulai kesusahan mendapatkan hotel. Padahal, jumlah hoteldiYogyakartajugasemakin banyak,” kata Edwin kemarin. Tak hanya hotel-hotel di ring satu yang okupansinya sudah penuh. Hotel-hotel di luar ring satu juga sudah mendekati 100%.

Akhir tahun 2014 ini objek wisata domestik kini banyak dipilih oleh para wisatawan. Hal ini terkait dengan kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dolar, sehingga wisatawan yang biasanya berlibur ke luar negeri lebih memilih berwisata di dalam negeri. Meski kunjungan wisatawan ke Yogyakarta akhir tahun ini melonjak tajam, belum banyak objek wisata baru yang bisa dijadikan alternatif tujuan.

Yogyakarta masih mengandalkan Malioboro, keraton, wisata Gunung Merapi, dan Gua Pindul sebagai tujuan utama untuk berwisata. Pakar pariwisata dan dosen ekonomi pada Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Ike Janita Dewi, memaparkan bahwa Yogyakarta masih kurang dalam branding event wisata. Dia menilai selama ini penyebaran informasi kepada wisatawan masih sangat kurang.

Windy anggraina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8666 seconds (0.1#10.140)