Terbesar se-Asia Tenggara

Senin, 29 Desember 2014 - 12:15 WIB
Terbesar se-Asia Tenggara
Terbesar se-Asia Tenggara
A A A
PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) memiliki bisnis inti di content dan kepemilikan serta pengoperasian empat TV Free-To-Air (FTA) nasional di Indonesia.

MNC memiliki 4 TV FTA yakni RCTI, MNCTV, GlobalTV, dan SINDOTV – serta 20 channel yang diproduksi oleh MNC yang disiarkan di TV Berlangganan.

Saat ini MNC juga memiliki basis media dan usaha lainnya yang bertujuan untuk mendukung bisnis inti MNC. Bisnis pendukung tersebut terdiri atas radio, media cetak, talent management, dan rumah produksi. MNC yang didirikan pada 17 Juni 1997 merupakan perusahaan publik yang sahamnya telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI ) sejak 22 Juni 2007 dengan kode saham MNCN.

MNC diarahkan menjadi grup media dan multimedia yang terintegrasi, dengan fokus pada penyiaran televisi dan konten berkualitas yang disiarkan melalui teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dengan visi ini, MNC mengusung konsep hiburan keluarga terlengkap serta menjadi sumber berita dan informasi terpercaya di Indonesia.

Adapun bisnis utama dibidang konten adalah MNC Pictures yang memproduksi beragam program dengan konten yang berkualitas dalam bentuk drama dan non drama, meliputi film, film televisi, sinetron, varietyshow, realityshow, musik, dan dokumenter untuk disiarkan di ketiga stasiun TV FTA milik MNC.

Kedua, MNC Channels yang merupakan salah satu bisnis konten MNC yang terus mencapai pertumbuhan yang mengesankan baik dari segi jumlah channel maupun kinerja keuangan. Antara lain terdiri atas MNC News, MNC Entertainment, MNC Music Channel, MNC International, MNC Lifestyle, MNC Business, MNC Muslim, MNC Sport1, MNC Sport 2, MNC Drama, MNC Comedy, MNC Fashion, MNC Food & Travel, MNC Infotainment, MNC Kids, dan MNC Movie.

Disiarkan secara eksklusif selama 24 jam per hari melalui layanan Pay-TV yaitu Indovision, Top TV dan Okevision, MNC Channels adalah realisasi komersialisasi pustaka konten milik MNC yang terdiri atas lebih dari 150.000 jam program yang terus berkembang dengan tingkat pertumbuhan 15.000 jam per tahun. Tiap genre yang ditayangkan MNC Channels mencapai posisi nomor 1 dalam pangsa pemirsa, kecuali film.

Bisnis konten MNC juga meliputi Innoform Media yakni distributor produk edutainment dan hiburan serta Star Media Nusantara, perusahaan manajemen artis terbesar di Indonesia. Sementara itu bisnis pendukung MNC terdiri atas SINDO Media serta sejumlah media cetak dan radio. Sindo Media terdiri atas SINDOTV, KORAN SINDO, SINDO Trijaya FM, SINDONEWS.com, dan SINDO Weekly.

Media cetak lainnya adalah Tabloid infotainment Genie, Tabloid Mom & Kiddie, Majalah Just For Kids, Majalah Highend, dan Majalah Highend Teen. Beberapa stasiun radio yang juga berada di bawah MNC Group adalah Global Radio, Radio Dangdut Indonesia, dan V Radio.

Di bisnis televisi berlangganan, MNC melalui PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY) mengukuhkan diri sebagai pemain TV berbayar terdepan di Indonesia dengan tiga brand TV berbayarnya yaitu Indovision, OkeVision, dan TopTV. Satelit MSKY menggunakan frekuensi S-band yang paling cocok dengan iklim tropis Indonesia. Sementara itu, penyedia TV berlangganan lain menggunakan frekuensi Ku dan C yang lebih buruk.

Seiring dengan akuisisi Okezone oleh PT MNC Media Investment pada Mei 2012, Okezone.com yang dikenal sebagai portal berita dan hiburan terdepan di Indonesia, melakukan berbagai langkah pengembangan dan peningkatan performasepanjang2013. SelainOkezone.com, PTMNCMediaInvestmentjugamemiliki online streaming yaitu Okezone.tv dan dikenal sebagai premier online TV streaming di Indonesia.

MNC melalui MCOM juga merambah new media dengan meluncurkan media sosial WeChat bekerjasama dengan Tencent. MNC pun bermain di online homeshopping lewat MNC Shop bekerjasama dengan GS Home Shopping sebagai perseroan home shopping nomor satu di Korea. Hingga kuartal III/2014 laba bersih MNC meningkat 9,45% menjadi Rp1,39 triliun.

Kenaikan laba bersih ini ditopang penurunan beban langsung media cetak sebesar 5,65% serta beban keuangan 48,12% juga disokong kenaikan penghasilan bunga sebesar 133,41% dan keuntungan lain-lain sebanyak 44,59%. Dari sisi pendapatan, MNC meraih kenaikan 6,11% menjadi Rp5,04 triliun pada kuartal III tahun ini dibanding periode yang sama tahun lalu. Pendapatan iklan juga naik 7,09% menjadi Rp4,68 triliun dan berkontribusi 92,86% terhadap total pendapatan.

MNCN memperoleh pendapatan usaha dari pemasangan iklan dan layanan pesan singkat dari MSKY senilai Rp110,53 miliar, MNC Tencent Rp64,84 miliar, dan PT Nusantara Vision Rp1,11 miliar. Berbagai program yang diluncurkan MNC mendapatkan sambutan baik dari pemirsa. RCTI menjadi stasiun TV terkemuka di Indonesia sekaligus saluran paling menguntungkan dan favorit pengiklan.

Selama kuartal ketiga 2014, pertumbuhan penerimaan iklan RCTI sebesar 12%. Untuk saluran TV berbayar, MNC Channels memperluas saluran dengan menambah MNC Health & Beauty pada September lalu.

Perseroan juga telah mulai membangun lebih banyak eksposur untuk MNC Channels melalui event-event yang menarik. Misalnya pada Oktober lalu, MNC menggelar kegiatan lari maraton bertajuk “Light Run” di Jakarta untuk mempromosikan MNC Sports dan MNC Lifestyle. Lari maraton sepanjang 5 kilometer yang diikuti lebih dari 2.000 orang ini diadakan pada malam hari.

Dengan prestasi dan kiprahnya ini, MNC menjadi langganan beragampenghargaan bergengsi. MNC menempati urutan Ke-13 dalam jajaran 100 Perusahaan Publik Terbaik 2013 versi SWA. Forbes Indonesia pun menempatkan MNC di posisi 10 dalam 50 Teratas Emiten Terbaik 2014.

Tanggung Jawab Sosial

Bagi MNC Group, CSR adalah suatu bentuk komitmen berkelanjutan terhadap seluruh pemangku kepentingan. Perseroan selalu berupaya untuk memberikan nilai lebih dalam setiap aspek operasionalnya dengan memelihara keseimbanganantarakepentinganbisnis danmasyarakat umum. Komitmeninikemudian diwujudkan bersama-sama dengan seluruh unit bisnis melaluil embagalembaga kepedulian di bawahnya.

Pada September2014, misalnya, MNC Group bekerjasama dengan Lanud Suryadarma Gelar Bakti Sosial untuk Warga Kalijati, Subang, berupa pengobatan massaluntuk200orangwarga, khitananuntuk 50 anak, dan pemeriksaan golongan darah untuk 100 orang warga. Terkait peringatan HUT Ke-25 MNC Group mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaan bagi warga di sekitar kompleks MNC Tower, Kebon Sirih Jakarta.

Ada empat program CSR yang diselenggarakan, yaitu gerakan 1.000 biopori, penyediaan gerobak buku dan rumah buku MNC, serta pembangunan jembatan MNC sepanjang 100 meter di Lebak, Banten.

“Rangkaian kegiatan CSR ini merupakan wujud rasa kepedulian MNC Group terhadap warga yang masih kekurangan, dengan tujuan memberikan manfaat yang baik bagi mereka,” ujar CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo Di Lebak, MNC Group juga melaksanakan media literasi di sekolah Yayasan Al Haijaz Belahaji, Desa Karya Jaya, Lebak, Banten, diikuti oleh ratusan anak SD mulai dari kelas 1 hingga kelas 3.

MNC Group pun memberikan bantuan berupa tas sekolah, buku tulis, dan perlengkapan lainnya kepada anak-anak SD Al Haijaz. Pada Juli lalu, MNC Group berkerja sama dengan Sinarmas Group mengelar Pasar Minyak Goreng Murah di MNC Tower, Jakarta. Total minyak yang berhasil dijual murah kepada warga sekitar MNC Tower sebanyak 1.000 liter.

Masih di Juli 2014 saat Ramadan, MNC Group mengajak kaum dhuafa dan anak-anak yatim sekitar MNC Tower untuk berbuka puasa bersama sekaligus menjalin silahturahmi dengan masyarakat dan kelurahan Kebon Sirih. MNC Land juga mengadakan Pembagian Sembako kepada warga sejumlah RT di sekitar MNC Tower.

Januari 2014, MNC Securities mengadakan program CSR untuk membantu masyarakat yang terkena banjir di wilayah DKI Jakarta, khususnya di sekitar SMAN 8 Jakarta kawasan bukit duri. Pada 2013lalu, melaluisejumlahstasiun televisinya, MNC telah menggalang dana pemirsa/masyarakat hingga lebih dari Rp9 miliar.

Dana tersebut telah disalurkan untuk kegiatan peduli bencana alam, pendidikan, keagamaan, sosial kemasyarakatan, olahragadanlingkunganhidup. MNC juga melaksanakan kegiatan sosial yang didanai langsung oleh perusahaan, berupa bantuan dana untuk mendukung kegiatan olahraga, keagamaan, pendidikan dan lain-lain yang pada 2013 mencapai sekitar Rp1,7 miliar.

Rangkaian kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh MNC pun meliputi program RCTI Peduli, MNCTV Peduli, GlobalTV Peduli, dan lainnya. Bantuan MNC hadir hampir di setiap agenda tanggap darurat dan penanggulangan bencana di berbagai daerah baik banjir, longsor, gempa bumi, gunung meletus, dan lainnya.

Selain itu telah dilakukan pula bantuan berupa 1.200 paket tas sekolah, operasi katarak gratis, pelayanan kesehatan umum, pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis, pembagiansembako, donor darah, biaya sekolah, pembelian prasarana sekolah, dana untuk rumah-rumah ibadah, hingga pembelian ratusan bibit pohon untuk penghijauan kota.

Ema malini
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6432 seconds (0.1#10.140)