Gereja Terindah di Indonesia

Rabu, 24 Desember 2014 - 14:32 WIB
Gereja Terindah di Indonesia
Gereja Terindah di Indonesia
A A A
Indonesia menyimpan banyak tempat-tempat ibadah bersejarah yang memiliki bangunan dengan nilai seni tinggi. Bangunan gereja menjadi salah satunya. Bangunan gereja indah dengan arsitektur unik banyak berdiri dan sudah menjadi bagian dari sejarah bumi Indonesia. Berikut 10 di antara gereja dengan bangunan terindah di Indonesia.

KATEDRAL JAKARTA

Nama resminya cukup panjang yaitu, “Gereja Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga”. Katedral Jakarta dibangun pada tahun 1810 dengan ciri arsitektur neo-gotik yakni suatu gaya arsitektur abad pertengahan Eropa. Gereja katedral yang kita kenal saat ini sebenarnya hasil renovasi, sebab gereja ini sempat mengalami dua kali musibah, yaitu terbakar pada tahun 1826 dan sempat roboh pada tahun 1890

GEREJA MERAH, KEDIRI

Siapa sangka kota yang terletak di jantung Jawa Timur ini menyimpan sebuah gereja tua yang berarsitektur gotik? Gereja bernama asli GPIB Imannuel ini didirikan pada tahun 1904 dan pada awalnya berwarna putih gading. Setelah bangunan ini dicat merah pada tahun 2005 silam, barulah gereja ini mendapat julukan gereja merah. Uniknya, gereja ini menyimpan injil berbahasa Belanda buatan 1867

KATEDRAL BOGOR

Gereja Katedral Bogor mempunyai nama paroki resmi Santa Perawan Maria. Beralamat di Jalan Kapten Muslihat Nomor 22, Bogor. Katedral Bogor memiliki gaya arsitektur neo-gothik yang bernilai seni tinggi. Gereja ini bercat putih dengan menara tinggi menjulang di sisi kanan bangunan gereja.

GEREJA BLENDUK, SEMARANG

Gereja ini sangat terkenal seantero tanah air, bahkan menjadi ikon Kota Semarang, Jawa Tengah. Nama resminya adalah gereja GPIB Imanuel. Gereja ini mendapatkan namanya dari kubah besarnya yang bulat (atau “mblendhuk” dalam bahasa Jawa). Gereja ini Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah dan dibangun pada 1753. Desainnya berbentuk heksagonal (bersegi delapan) dan memiliki dua menara yang baru ditambahkan pada tahun 1894.

GEREJA MOJOWARNO, JOMBANG

Di Kecamatan Mojowarno, Jombang berdiri salah satu gereja protestan tertua di Indonesia, yaitu GKJW Mojowarno yang berdiri pada tahun 1881. Daerah Mojowarno juga memiliki populasi umat Kristen terbanyak di Jombang.

GEREJA KEPANJEN, SURABAYA

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau lebih dikenal dengan nama Gereja Kepanjen didirikan pada tahun 1815 di Surabaya. Gereja ini nampak berbeda karena eksterior dinding batu bata merahnya dengan gaya gotik.

GEREJA KAYU TANGAN, MALANG

Gereja Kayu Tangan terletak di tengah sejuknya kota Malang dan dibangun pada tahun 1906, sedangkan kedua menaranya baru ditambahkan pada tahun 1930. Gereja kayu tangan juga disebut sebagai Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, merupakan salah satu gereja tertua di Malang yang memiliki ciri khas arsitektur neo gothic seperti kebanyakan gereja di Eropa.

GEREJA MARIA ANNAI VALENGKANI, MEDAN

Sekilas bangunan ini memang nampak seperti kuil Hindu, namun sesungguhnya ini adalah gereja. Tak heran, sebab pendirinya adalah seorang pastur dari India bernama James Barathaputra S.J. Gereja ini tergolong baru karena diresmikan pada tahun 2001. Kata “Annai” pada nama gereja ini berarti “bunda”, sedangkan Valengkani adalah nama sebuah desa di India.

KATEDRAL LARANTUKA, FLORES

Wilayah Larantuka memang dikenal memiliki populasi umat Katolik yang cukup besar seperti tetangganya, Timor Leste. Nama resmi gereja ini adalah Katedral Reinha Rosari. Pada saat pertama diresmikan pada tahun 1862, gereja ini hanya berdindingkan anyaman bambu dan atap dari rumput ilalang. Setelah terbakar tahun 1901, bangunan gereja yang berdinding batu bata seperti sekarang baru selesai pada tahun 1909.

KATEDRAL MANADO

Gereja ini disebut-sebut sebagai gereja termegah di Indonesia Timur. Gereja dengan nama resmi Katedral Hati Tersuci Maria ini memang masih baru diresmikan tahun 2010 lalu untuk menggantikan katedral lama yang bangunannya dinilai sudah lapuk dan tidak memadai kebutuhan umat lagi. Gereja ini memiliki ciri arsitektur eklektik alias campuran dari 3 gaya arsitektur, yaitu Byzantium, Romanesque, dan Gotik. Ciri khasnya tentu saja kubah yang meniru gereja-gereja di Roma.

Berikut Beberapa Tradisi Unik Natal di Indonesia

Wayang kulit
di Yogyakarta


Di Yogyakarta, perayaan Natal penuh dengan nuansa budaya. Biasanya pendeta memimpin ibadah dengan memakai baju beskap dan blangkon, memakai bahasa Jawa halus, lengkap dengan pertunjukan wayang kulit bertema “Kelahiran Kristus”. Di sana juga ada tradisi saling mengunjungi pada tanggal 25 Desember, seperti Lebaran.

Kunci Taon
di Manado


Perayaan Natal di Manado diadakan sejak 1 Desember dengan ibadah pra- Natal yang dilaksanakan tiap hari sampai Natal tiba. Sayuran paling dicari menjelang Natal di sini adalah buncis. Banyak juga keluarga yang memiliki tradisi menjenguk kuburan kerabatnya dan makan bersama yang biasanya dilakukan menjelang tahun baru. Pada momen itu, kuburan sekalian dibersihkan dan terkadang ditambahi lampu hiasan. Rangkaian kemeriahan Natal ini berakhir pada Minggu pertama Januari dengan tradisi kunci taon, di mana warga pawai keliling kampung dengan kostum-kostum lucu.

Rabo-Rabo
di Jakarta


Di Jakarta ada Kampung Tugu. Dikenal sebagai tempat komunitas warga keturunan Portugis bermukim. Di Kampung Tugu ada tradisi unik dalam merayakan Natal, yakni setelah kebaktian warga berziarah ke kuburan yang terletak di samping gereja. Kemudian mereka menjalankan tradisi ‘Rabo-Rabo’, yaitu bermain musik keroncong dan menari bersama sambil keliling kampung untuk mengunjungi sanak keluarga.

Gereja Penjor
di Bali


Pemeluk Kristen di Bali biasa merayakan Natal dengan pakaian khas daerah mereka, seperti kebaya, selendang, dan kain kamen. Warna yang biasa digunakan adalah hitam putih. Pada saat perayaan Natal, kompleks gereja dihias dengan batang bambu yang dihiasi janur, sebuah ornamen khas Bali yang disebut Penjor.

Marbinda
di Sumatera Utara


Masyarakat Batak di Sumatera Utara mengenal tradisi bernama ‘Marbinda’. Yaitu, tradisi menyembelih seekor hewan bersama-sama di hari raya. Hewan yang disembelih merupakan hasil kesepakatan menabung bersama antara beberapa orang dari beberapa bulan sebelumnya. Jika jumlah peserta patungan banyak, hewan yang disembelih bisa kerbau. Akan tetapi, jika sedikit biasanya hanya babi. Pada hari-H, mereka melakukan 'marhobas' (pemotongan dan pembagian bersama) hewan tersebut.

Meriam Bambu
di Ambon, Flores dan Papua


Di Flores, Natal identik dengan meriam bambu yang diledakkan nyaris di tiap sudut kota pada malam Natal. Anak muda biasa begadang semalaman pada 24 Desember sambil sesekali main kembang api. Di Ambon, Natal diwarnai bunyi sirine kapal dan lonceng gereja yang dibunyikan serentak pada tengah malam 24 Desember. Momen ini juga identik dengan pertemuan keluarga besar. Tradisi unik lainnya ada di Papua. Warga Papua memiliki tradisi pesta barapen atau bakar batu, yakni sebuah ritual kuliner lokal untuk mengolah babi sebagai ungkapan kebahagiaan Natal.

Lovely December
di Toraja


Setiap menjelang perayaan Natal, Pemda Toraja mengadakan sebuah festival budaya dan pariwisata bertajuk Lovely December. Festival ini dimulai sejak memasuki bulan Desember dan mencapai puncak pada 26 Desember dengan arak-arakan yang disebut lettoan.

Pohon Natal Tertinggi Sedunia

Dortmund, Jerman

Siapa sangka, pohon Natal tertinggi di dunia ada di Jerman. Tingginya mencapai 44 meter. Mengapa bisa setinggi itu? Karena sebenarnya pohon Natal ini adalah kumpulan dari 1.700 pohon cemara yang disatukan sedemikian rupa jadi pohon Natal raksasa.

Phoenix, AS

Di Phoenix, Arizona, AS, ada pohon Natal yang tingginya mencapai 33 meter. Wah! Kerennya lagi, inilah pohon cemara segar tertinggi yang dibuat pohon Natal di seantero AS.

Vilnius, Lithuania

Bayangkan ada pohon cemara setinggi 5 lantai alias 24,6 meter. Ornamen seperti salju memenuhi pohon ini. Pohon ini rutin menghiasi pusat kota Vilnius selama bulan Desember.

New York City, AS

Seperti diketahui, kapanpun New York City selalu ramai pengunjung. Nah, jika kebetulan liburan pada bulan Desember ini, sempatkan melihat pohon Natal yang megah. Berada di Rockefeller Center, pohon Natal ini berdiri setinggi 24 meter

Praha, Republik Ceko

Di Old Town Square Praha, ada pemandangan cantik yang bisa dilihat menjelang Natal. Pohon cemara setinggi 22 meter berdiri meramaikan suasan

Sumber: http://mengakubackpacker.blogspot.com
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6962 seconds (0.1#10.140)