Perampok Spesialis Truk di Jalan Tol Ditangkap

Rabu, 24 Desember 2014 - 14:04 WIB
Perampok Spesialis Truk di Jalan Tol Ditangkap
Perampok Spesialis Truk di Jalan Tol Ditangkap
A A A
BEKASI - Jajaran Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polresta Bekasi Kabupaten menangkap tujuh perampok dengan modus melakukan pembajakan truk di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek.

Tiga di antaranya dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha melawan petugas saat hendak ditangkap. Tujuh pelaku itu BD, 50, AD, 53, AG, 42, SR, 47, MA, 43, IS, 46, dan HR, 44. Kasat Reskrim Polresta Bekasi Kabupaten AKP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, komplotan dari Jawa Timur ini kerap beraksi di jalan tol Jakarta-Cikampek dan tol Surabaya-Gresik.

“Komplotan ini telah beraksi puluhan kali,” sebutnya. Ketika beraksi komplotan ini menyasar truk bermuatan sembako dan barang elektronik yang nilainya di atas Rp500 juta. Beberapa waktu lalu perampok spesialis truk ini menggasak truk bermuatan sarden senilai Rp800 juta di jalan tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di Km 19 Tambun Selatan. Sopir truk disekap di dalam mobil yang dibawa pelaku kemudian korban dibuang di Karawang.

Kapolresta Bekasi Kabupaten Kombes Pol Isnaeni Ujiarto menjelaskan, menurut hasil pemeriksaan para tersangka, modus yang digunakan mereka menakuti korban dengan air softgun dan senjata tajam. “Korban dibuat tidak berdaya. Kalau melawan, (korban) akan dianiaya,” katanya. Setiap beraksi kelompok ini selalu membawa satu truk fuso dan kendaraan pribadi.

Mereka menyisiri jalan tol. Bila sudah menemukan calon korban, mereka berhenti dan biasanya mengincar korban yang sedang istirahat di lokasi rest area . Mereka memarkir truk di belakang calon korbannya dan berpura-pura memperbaiki kendaraannya. Saat itulah salah satu pelaku masuk ke dalam truk di mana sopir dan kernet sedang istirahat. “Pelaku menodongkan pistol dan senjata tajam,” ujar Isnaeni.

Jika korban melawan, para pelaku tidak segan melukai. Setelah mata korban ditutup dengan lakban dan tangan terborgol, mereka memindahkan korban ke mobil pelaku kemudian dibuang di sebuah lokasi usai keluar jalan tol. Di tempat lain, Polsek Kebayoran Lama, Jakarta Selatan menangkap dua pelaku pencurian mobilboks.

Cecep Munandar, 40, warga Delman Elok, Kebayoran Lama Utara, dan Susmanto, 28, warga Jalan Kramat, Kebayoran Lama Selatan, ditangkap saat sedang mempreteli mobil Mitsubishi L300 B di tanah kosong JalanKramat I, KebayoranLama, Jakarta Selatan, Senin (22/12) malam. Mobil berwarna hitam milik Kuryanti Tamara dicuri dua pelaku di Jalan Tebet Barat Dalam VII, Tebet, Jakarta Selatan.

Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Riftazudin mengatakan, petugas berpakaian preman yang sedang berpatroli mencurigai para pelaku yang mempreteli mobil di sebuah tanah kosong. “Surat-surat kelengkapan kendaraannya ternyata tidak ada dan kami langsung amankan. Mobil tersebut akan dijual kiloan,” sebutnya.

Abdullah/Helmi syarif
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6221 seconds (0.1#10.140)